Jalan Tengah Vixion DOHC Adalah Subvarian Baru…. Ultimate Vixion Dan R-15

suzuki

Yola dulur…. dari rumor gen vixion akan diupgrade dengan mesin baru, kemudian berkembang rumor dohc, dan meliar menjadi trial 3 mesin beda spek, salah satunya pembesaran kubikasi, menjadi diskusi yang menarik. Salah satu poin utamanya adalah bagaimana agar pembeli R-15 atau NVL yang masih SOHC 150 cc merasa tidak terciderai oleh keberadaan mesin baru yang lebih powerful. Ane bisa ambil salah satu contohnya adalah membuat subvarian baru dari klan vixion.

new vixion lightning
new vixion lightning

Tulisan ini memang sebatas obrolan, angan-angan. Namun melihat kondisi penjualan sport yamaha yang mulai tidak aman dengan ditandainya penurunan di 2 bulan akhir 2014, obrolan ini kok menjadi hal yang relevan untuk dibahas. Syukur-syukur jadi pertimbangan pabrikan yamaha 😀 .Sampai sekarang deka masih yakin kalau pihak yamaha sedang mempersiapkan generasi baru mesin sport 150cc-nya. Belajar dari pengalaman bagaimana mereka kecolongan pengembangan mesin di metik mereka, serta sport honda yang terlalu lama memakai jenis mesin GL series yang berujung hancur ditangan klan vixion. Tinggal waktunya kapan lahir, yang masih jadi tanda tanya.

Dilain sisi pasar sport mereka mulai terdesak, dimana vixion dan R-15 menjadi tulang punggung penjualan. Bisa saja berasumsi pengembangan mesin baru selesai 2-3 tahun lagi. Namun jika butuh waktu selama itu, maka akan terasa terlambat melihat move ahm yang akan mengupgrade cbsf di sisi body dan desain, dimana itu kelemahan sport ahm selama ini. Belum lagi kawasaki dengan ninja 150 4 tak, yang deka yakin kemungkinan besar dohc. Dan tidak lupa suzuki diam-diam sedang mengembangkan mesin 150 cc dan juga dohc.

Yamaha seperti terjepit dengan waktu, meskipun itu baru semu dan belum nampak karena toh nyatanya masih memimpin segmen sport. Namun bahaya laten yang tak nampak itu sangat terasa, salah satunya ya demand yang mulai turun itu.

yamaha r125
yamaha r125

Kalau memang ada mesin 150 dohc-nya yamaha, salah satu pertimbangan adalah bagaimana cara agar para pembeli vixion dan R-15 sekarang legowo dengan paketan upgrade mesin baru tersebut, katakanlah 150 cc dohc. Pasti banyak keluhan, masak baru beli nvl atau r15, malah keluar yang baru yang pakai mesin baru… Nggak lucu kalau dari kacamata konsumen. Kalau opotunis pabrikan sih luweh-luweh, walaupun lebih bijak jika mempertimbangkan perasaan konsumennya.

Salah satu penyelesaiannya adalah dengan cara membuat derivat atau subvariasi dari sport 150 cc mereka. Bisa ambil kubikasi antara 150-200 cc, dimana segmennya sedikit diatas NVL, atau harga 25-28 juta untuk vixion mt, dan 32-35 juta untuk new R-15. Agar nama vixion tetap menjadi brand pemimpin pasar sport, maka nama tersebut sah-sah saja memakai embel-embel vixion…. Salah satunya kalau boleh sebut, Vixion MT-15 atau MT-15 Vixion atau mt-20 jika kubikasi 200 cc. Diibaratkan ultimate-nya vixion, silahkan nama vixion dieksploitasi secara maksimum.

Bagaimana dengan R-15 yang Sohc ? Mau tidak mau kalau memakai mesin baru maka harga ikutan naik… Ingat… Paketan banana armnya juga value yang membutuhkan cost lebih tinggi dibanding kotak tahu. Jadi nanti minimal ada NVL, R-15, Vixion MT dan new R-15 untuk ultimatenya……

Gimana para dulur…. Atau ada opini lain? Silahkan dishare mawon.

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum

gulf oil