Inspirasi Tehnologi Lama Suzuki Di ShiftCam VVT BMW

suzuki

Yola dulur yang budiman…. BMW sudah memperkenalkan motor baru mereka, 
 R1250GS dan R1250RT yang mana mesinnya sudah dibekali tehologi baru, variable valve timing ala BMW yang disebut dengan BMW ShiftCam. Dan ternyata di tehnologi ini ada isnpirasi tehnologi lama suzuki

Sebentar…. sebentar… jangan protes dulu…. bicara variable valve, mungkin bukan suzuki duluan yang memakai di motor selain BMW. Ada Honda, ducati, kawasaki yang sudah memakai duluan. Bahkan yamaha memasangnya di motor kecilnya… VVA. Namun bukan tehnologi VVT suzuki yang menginspirasi BMW, tapi tehnologi yang lebih lama lagi. 

Fungsi VVT tentu dulur sudah tahu kan? Intinya, tonjolan cam tiap valve in dibuat 2 profil, tinggi dan rendah. Rendah untuk rpm bawah menengah, dan profil tinggi untuk rpm tinggi. Tujuannya agar rentang tenaga dari bawah sampai atas tidak drop, alias merata. Tentu akan terjadi efisiensi bbm, khususnya di rpm menengah bawah. Umum itu.

Lha terus inspirasi tehnologi lama suzuki ada dimana? Ternyata BMW membuat “slight phase shift”di intake valve. Ini dilakukan untuk mendapatkan ” SWIRL EFFECT ” atau efek berputar di campuran bahan bakar+udara saat masuk ke ruang bakar…. Nah…… istilah Swirl effect ini tentu dulur akan sangat melekat dengan tehnologi lama suzuki…. TSCC atau Twin swirl Combustion Chambers. Dan dengan twirl efek ini, BMW mengaku mendapatkan akselerasi dan elastisitas pembakaran yang lebih baik.

Tentu swirl effect yang dibuat oleh suzuki dan BMW berbeda cara kerjanya. Untuk suzuki, kita bahas next artikel. BMW mendapatkannya dengan memodifikasi sitem buka tutup valve inlet tiap satu silinder dibuat tidak bersamaan, tapi ada jeda tipis……. ini yang membuat swirl efek di mesin ShiftCam BMW. Dan diakui oleh mereka, Twin swirl nya lamanya Suzuki menjadi inspirasi, meskipun sangat beda metode pendekatannya.

Suzuki TSCC

Artikel ini bukan mengada-ada karena ngademin fans suzuki. Silahkan cek saja di media luar seperti motorcycle.com. Justru yang jadi pertanyaan, kenapa suzuki justru sudah lama tidak memakai swirl efek mereka di motor-motor terbarunya??? Apakah ini menyangkut hak paten yang harus dibagi dengan penemunya? kita bahas next artikel tentang Suzuki Twin Swirl Combustion Chambers.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil