Inilah Kondisi Gear Stater GSXR150 Ngadimin Pasca Quality Update

suzuki

Yola dulur yang budiman…. akhirnya si gipsy danger suzuki gsxr150 ngadimin bisa dieksekusi gear stater seperti kampanye quality update yang dilakukan oleh pihak suzuki Indonesia. Banyak yang bilang gear stater mendapatkan penggantian disebabkan oleh karena mata gearnya terkikis dan rontok sehingga berpotensi gagal bekerja. Bagaimana kondisi gear stater gsxr150 milik ngadimin pasca penggantian?

Well…. tidak alah memang jika gear stater tersebut berpotensi rontok. Maka dari itu pihak suzuki segera melakukan quality update untuk gsxr masa produksi awal sampai bulan Mei 2017 ( CMIIW ). Diatas produksi bulan mei, dinyatakan aman karena komponennya sudah diupgrade semasa produksi. Ngadimin sendiri mengalami beberapa kali malfungsi stater, namun dari prediksi bukan karena gear stater rontok. Bahkan saat  2 minggu sebelum penggantian komponen, kejadian miss stater tidak terjadi lagi, sekalipun… agak aneh memang.

Namun itulah yang harus ditempuh oleh pihak suzuki, semua produksi dalam batch sampai bulan mei harus dilakukan quality update, untuk menghindari kegagalan fungsi, apapun kondisi motornya saat itu. Entah kena defect atau masih normal wajib didaftarkan untuk penggantian komponen.

Pantesan Ada Update Stater Sistem Di GSXR150, Begini Rasanya….

Setelah melakukan proses pendaftaran, maka saat hari yang sudah dijanjikan, ngadimin datang ke bengkel resmi yang disepakati untuk melakukan penggantian komponen, sekalian servis rutin serta penggantian oli…. maklum ini tepat 1 tahun masa pakai oli mesin Gulf formula G 5-40 yang ngadimin pakai. Prose pembongkarannya sendiri, ngadimin tidak melihatnya, karena SOP bengkel melarang pemilik berkeliaran di lokasi servis.

Namun setelah semau selesai, ngadimin boleh mendokumentasikan part lama yang diganti. Gear stater ngadimin foto, dan diamati, ternyata masih utuh normal, tidak ada yang terkikis. Entah penyebabnya apa, ngadimin tidak tahu. Mungkin pas dapat komponen bagus dari vendor, atau memang komponen yang rontok adalah kesalahan produksi vendor namun tidak semua…. wajar karena jumlahnya ribuan. Atau karena dari awal menggunakan pelumas diatas standar pabrik? Ngadimin tidak tahu, namun faktanya gear tidak terkikis, kondisinya normal.

So…. bagi pemilik gsx150 yang saat dicek di website harus mendapatkan quality update, segera didaftarkan dan hubungi HaloSuzuki untuk kapan dan dimana dilakukan. Mumpung suzuki berbaik hati memberikan komponen yang lebih bagus secara gratis, serta penggantian oli mesin cuma-cuma ( meskipun olinya ngadimin berikan ke tehnisi ). Bagaimana rasanya setelah penggantian? Ya sama saja, karena sebelum penggantian normal-normal saja saat stater mesin…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum