Inilah Kawasaki H2 SX…Generasi Baru H2….Jelas Beda

suzuki

Yola dulur yang budiman… Kawasaki mengenalkan H2 new generation, ini berarti generasi ke 2 dari trah H2. Jika anda menyangka ini H2 ganti baju, itu salah besar. Media MCN sudah mereview secara detail dan lengkap. Berikut ngadimin nukilkan kesimpulan dari review tersebut.

H2 SX bukanlah H2 yang ditambahi pannier ( box samping ). H2 SX berbeda dengan H2 gen 1, contohnya saja bagian sasis, walaupun sama-sama tubular, tapi dudukan engin mountingnya berbeda lokasi. Ukuran tube lebih tebal, dan wheelbase diperpanjang 25mm. Demikian pula sektor subframe. Di H2 SX, diberi penguat karena harus menanggung panniers.

Bagian mesin walaupun bentuk crancase sama dan berkubikasi 998 cc, namun secara keseluruhan sangat berbeda dan baru daripada mesin H2. Walaupun mesin supercharger H2 berorientasi ke performa, namun di SX ini juga mengkombinasikan dengan faktor ekonomis bbm. Sehingga di mesin baru mengakomodir performa di low to mid range, alias galak mulai di rpm bawah menengah. Tunjuannya agar bbm lebih irit.

Kawasaki menyebutnya sebagai ” balanced supercharger”.  Efeknya, konsumsi bbm hampir sama dengan mesin konvensional versys 1000 cc. Jika dilihat sekilas, bentuk sucharge sama dengan H2, tapi begitu dibongkar akan nampak perbedaannya.  Walau ukuran impeller sama, tapi bentuk dan angle baling-baling turbinnya berbeda. Intake chamber sudah direvisi lebih ideal mengikuti flow intake funnel. Throttle valve lebih kecil, dari 50 mm ke 40 mm. Klep in dan out direvisi mengikuti profil kem in dan out yang lebih rapat. Efeknya, mesin lebih hemat 25% dari versi H2 gen 1.

H2 SX mempunyai piston baru yang mempengaruhi rasio kompresi. Dan kompresi mesin lebih tinggi. Ini juga meningkatkan efisiensi bbm. Bagian exhaust juga baru, dimana bentuk dan desain beda, diameter pipa lebih kecil, lebih ringan 2 kg dari versi H2. Kombinasi mesin baru ini menghasilkan 207 bhp dengan tarikan awal lebih galak, efisiensi 25% bbm daripada H2 lama yang 197 bhp.

Itu baru sektor sasis dan mesin. Yang jelas-jelas berbeda adalah sektor bodi yang melibatkan desain fairing, head sector dan dashboard. Belum lagi sekarang dilengkapi dengan upgrade elektronik, salah satunya Cornering ABS… Abs yang diintegrasikan dengan angle sensor sehingga lebih aman saat cornering.

Semua paket diatas membentuk sebuah motor sport tourer, bukan pure sport, yang paling powerfull, tapi juga nyaman secara ergonomi dibandingkan H2 yang pure sport. Dan lebih hemat bbm, dengan suara khas supercharger yang sama… ” kemripik gimana gitu”.

Berikut ini video lengkapnya

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

PqaU

 

 

gulf oil

Be the first to comment

Leave a Reply