Inilah Alasan Pasang Plat Nomer Di Balik Windshield

suzuki

Yola dulur yang budiman….sejatinya ngadimin itu adalah biker yang menentang adanya plat nomer depan di motor. Bukan tanpa alasan kenapa deka kontra kebijakan itu…faktor safety. Namun karena bagaimanapun harus tunduk dengan aturan yang berlaku, maka tetap memasangnya, walau dimodifikasi dibalik windshield atau visor. Tentu ada alasan kuat dibalik itu.

Aturan plat nomer depan di sebagian besar negara eropa, amerika, sebagian asia memang sudah lama usang dan ditinggalkan dengan alasan faktor safety. Pemasangan plat nomer depan beresiko melukai ridernya sendiri atau pengendara lain saat lepas….

Lihat saja contoh gambar diatas…. Itu baru kena motor lain…bagaimana jika kena tubuh manusia? Dan plat depan adalah yang lebih beresiko karena terkena hantaman langsung dari angin saat kecepatan tinggi.

Ada faktor lain dari porensi gangguan plat nomer depan, walau tidak ada hubungannya dengan safety…. Mengganggu aerodinamika atau kemampuan belah angin dari motor yang moncongnya diriset melalui wind tunnel seperti gsxr150, contohnya. Selainl iti juga mengurangi estetika desain motor tersebut. Desainer selalu mendesain motor tanpa plat nomer. Dengan adanya plat nomer depan, ada beberapa detail yang tertutup.

Makanya deka pernah menemui komentar biker luar negeri yang menganggap aneh plat nomer depan Indonesia? Kok masih berlaku? Kok gede amat bentuknya. Mending kebijakan di India yang plat nomernya kecil, atau negara lain yang menggantinya dengan stiker…semua demi safety…..

Itulah alasan kenapa ngadimin memasang plat nomer dibalik windshield. Selain safety, faktor estetika dan fungsi moncong depan lebih maksimal…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil