Ini Alasan Suzuki DR200 Menjadi Pilihan Motor Kepolisian

suzuki

Yola dulur yang budiman…. banyak pertanyaan menyelimuti keberadaan motor suzuki dr200s. Dari mulai kapan dijual umum, kenapa kok hanya dijual ke instansi pemerintah atau kepolisian, kenapa masih memakai karburator dan lain sebagainya. Kali ini kita akan bahas tentang kenapa kok dipilih oleh pihak kepolisian saja.

Penampakan Trail Suzuki DR200 Versi Jalan Raya….Tanda-Tanda Nih

Untuk pertanyaan-pertanyaan lainnya, mungkin kita bahas lain waktu. Yang lebih mendasar, kenapa kok pihak kepolisian membutuhkan atau memilih suzuki dr200s sebagai armada operasional mereka? Kenapa kok bukan motor lainnya? Atau kenapa bukan motor trail yang lebih besar seperti kawasaki klx250? Padahal kebutuhannya cukup banyak, ribuan unit. Mari kita bahas.

Ketika ketemu dengan bagian tehnikal SIS, doni harsoyo, yang mana kebetulan juga bertanggung jawab akan prosedur mantenance suzuki dr200s yang dipakai oleh pihak kepolisian, ngademin mencecar dengan banyak pertanyaan. Khususnya kenapa kepolisian memilih suzuki dr200s sebagai armada mereka. Dengan senang hati, doni harsoyo memberikan jawaban.

” Ada beberapa alasan kenapa suzuki dr200 menjadi pilihan. Pertama performa suzuki dr200 dianggap pas… 150 cc kekecilan bagi kepolisian, sedangkan dr200 dianggap cukup berdekatan dibandingkan 250 cc. Yang kedua dan yang paling penting, ergonomi suzuki dr200 dianggap paling pas untuk postur polisi-polisi di sini yang tingginya antara 165-175 cm. Desain yang ramping juga menjadi pilihan mereka, dr200 itu ringan dan lincah. Berbeda dengan trail 250 cc. Suzuki dr200 juga bukan murni trail, tapi dual purpose, oke di offroad dan oke juga di jalan aspal… Memenuhi kebutuhan motor segala medan mereka. “

gulf oil

Itulah alasan kepolisian memilih suzuki dr200. Bukan omong kosong sih, dengan power 20 hp dan torsi 9,5 ft/lb, tentu sangat mepet motor trail 250 cc, serta jauh dibandingkan trail 150 cc yang bermain di 12-13 hp. Ini baru soal spesifikasi mesin.

Belum lagi soal ergonomi dimana dr200 sangat nyaman untuk sekelas motor trail. Sebenarnya dual purpose sih. Dan yang bikin kepincut adalah tinggi seat yang bersahabat, yaitu 810 mm, dan bobot ringan 126 kg tentu cukup bersahabat bagi postur orang Indonesia.

Ditunjang dengan sasis yang cukup mumpuni, benar-benar sasis trail, dimana tahan benturan, aman buat offroad. Tidak mletot setelah menghajar jalan offroad. Dan performa di jalan aspal yang cukup mumpuni membuat suzuki dr200 sangat diandalkan untuk unit mobile.

Itulah yang membuatnya menjadi pilihan armada kepolisian, meskipun harganya lumayan mahal, sekitar 60 jutaan. Sungguh mahal untuk motor bermesin sohc karburator. Namun memang bukan itu acuannya. Tapi spesifikasi seperti yang diterangkan diatas.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum