Ini Alasan Multi Silinder Lebih Menguntungkan Daripada Single Silinder ( Part2 )

suzuki

parallel_twin+cylinder engine

Yola dulur yang budiman…. kemarin kita sudah membahas kelebihan mesin single silinder dan juga kelemahan mesin single silinder bila dibandingkan dengan mesin multi silinder. Salah satu gejala utama kelemahan mesin single silinder adalah faktor vibrasi karena ketidakrataan power dalam 1 siklus mesin 4 tak. Bagi yang belum membaca, silahkan tengok di daftar menu berikut

Ini Alasan Multi Silinder Lebih Menguntungkan Daripada Single Silinder (Part 1)

Memang dengan kepandaian para insinyur, gejala vibrasi seperti ini bisa dikurangi dengan flywheel yang lebih berat. Tapi dengan beban flywheel yang lebih berat ini justru akan mengurangi karakter utama mesin single silinder….. tarikan dan power di  rpm bawah-menangah yahud. Dan ingat…. semakin besar bore sebuah mesin, maka dibutuhkan kualitas piston yang lebih mumpuni daripada yang bore lebih kecil.

Jadi 1 piston di mesin single silinder, harus punya kualitas lebih bagus daripada mesin multi silinder yang membagi pistonnya minimal menjadi 2 ( bore tiap silinder lebih kecil ). Jika kualitas piston mesin multi silinder disamakan dengan yang single silinder, maka…….. efeknya akan melebihi mesin single silinder, begitu juga dengan komponen dalam ruang bakar seperti klep, ring piston etc bisa dibuat lebih kecil. Bagi yang belum paham korelasi besar bore dengan kualitas piston, silahkan cek artikel ini

Fakta-Fakta Piston Alumunium Modern, Rata Lebih Bagus Dari Jenong

piston modern
piston modern

Dengan ukuran tiap silinder yang lebih kecil di mesin multi silinder, maka part-part seperti piston, dan komponen yang berkaitan dengan itu juga lebih kecil, lebih ringan. Otomatis mesin mencapai rpm yang lebih tinggi lebih mudah. Dengan multi silinder juga punya keuntungan mengurangi ukuran stroke lebih kecil bila dibandingkan mesin single silinder untuk mencapai kubikasi mesin yang sama. Dengan mengurangi ukuran stroke maka pencapaian rpm mesin lebih tinggi juga lebih memungkinkan.

Dan bicara ukuran ruang bakar ( silinder ) mesin multi silinder yang berukuran lebih kecil daripada mesin single silinder, maka ada korelasi dengan kemampuan kompresi mesin. Dengan ukuran silinder yang lebih kecil, maka punya kelebihan di  rasio luas permukaan : volume mesin. Semakin besar rasio tersebut, maka kompresi mesin bisa ditingkatkan lagi lebih tinggi tanpa mengakibatkan overheat mesin.

bandit engine
suzuki bandit  4 inline engine

Kenapa? karena semakin besar rasio tersebut, maka didapat luas permukaan yang lebih lebar untuk menghantarkan panas dari hasil pembakaran. Kerja sistem pendingin mesin multi silinder tidak seberat milik mesin single silinder. Sistem pendingin bisa dibuat lebih efisiean dan lebih ringan.

Mesin multi silinder juga memungkin komponen crankshaft dibuat lebih ringan tanpa menimbulkan vibrasi mesin yang diakibatkan oleh ketidakrataan langkah tenaga di siklus mesin 4 tak. dengan part yang lebih ringan, maka mesin bekerja lebih ringan sehingga bisa mencapai rpm lebih tinggi.

Dengan frekuensi langkah tenaga / ledak mesin multi silinder yang 2 kali lebih tinggi, maka memungkinkan mesin meraung lebih tinggi tanpa vibrasi berebih, dan otomatis power terkail juga akan lebih tinggi daripada single silinder.

( Selesai )

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil

14 Komentar

Leave a Reply