Hubungan Kinematic Viscosity Oli Dengan Suhu Lingkungan

suzuki

Yola dulur yang budiman….melanjutkan artikel sebelumnya yang membahas tentang angka sae oli. Sekarang membahas kelanjutannya, kenapa oli multi grade lebih baik daripada single grade. Ini berhubungan dengan kinematic viscosity, dan sangay berhubungan erat dengan suhu lingkungan.

Kita mengira atau berpatokan dalam memilih oli hanya berdasarkan viskositas oli saat suhu optimum kerja mesin. Padahal yang namanya suhu kerja mesin itu pasti berubah dari suhu dingin saat mesin mati sampai mesin bekerja di suhu optimum. Belum lagi suhu lingkungan yang berubah-ubah, kadang dingin, kadang panas. Belum lagi jika berada di negara 4 musim, dimana suhu bisa sangat panas sampai minus 0 °c saat musim salju.

Disitulah peranan mengetahui viskositas kinematik sebuah oli. Kinematic viscosity adalah tingkat viskositas oli saat berada di suhu tertentu. Kekentalan oli dengan sae yang sama akan berbeda saat berbeda suhu. Semakin temperatur naik oli akan semakin encer, dan saat temperatur turun, oli akan semakin kental. 

Kinematic viscosity atau disingkat KV berperan penting untuk melihat karakter kekentalan oli saat di suhu tertentu. Umumnya berpatokan di suhu kamar yaitu sekitar 23°c, 45°c,  dan suhu kerja optimum mesin100°c, dan titik kritis mesin akan overheat 115°c.

Sedangkan secara umum Kv oli yang dibutuhkan mesin saat bekerja optimum, tanpa beban, kondisi ideal adalah oli dengan Kv 10. Seperti dibahas diatas, oli dengan sae sama, beda suhu akan punya viskositas yang berbeda. Misalkan saja oli dengan sae 30

Temperature ( F )….Thickness

302………………………3
212……………………..10
104……………………..100
32……………………..250 (rough estimate)

Terlihat bahwa saat suhu 0°c atau 32F punya angka kv 250, suhu 104 atau 40°c 100, suhu 212 atau 100°c 10, dan suhu 302F atau 150°c punya kv 3. Jadi oli dengan sae 30 saat suhu mesin dibawah 100°c atau diatas 100°c punya kekentalan yang berbeda, sedangkan idealnya kv untuk mesin adalah 10. Disinilah peranan memanaskan mesin sebelum beroperasi dan adanya kontrol suhu mesin atau disebut radiator.

gulf oil

Bagaimana dengan oli jenis multi grade atau xw-xx?

Oil type… Thickness at 75 F…Thickness at 212 F

Straight 30…… 250………………….10
10W-30…………100………………….10
0W-30…………..40 ………………….10

Straight 10……..30………………….. 6

Dari tabel diatas, kita bisa melihat bahwa oli dengan single grade 30 lebih kental dibandingkan multi grade 30 di suhu yang sama. Bahkan oli multi grade dengan angka didepan huruf w makin kecil menunjukkan oli lebih encer.

Kenapa kita fokus di oli lebih encer? Karena semakin encer oli atau nilai kv kecil maka oli akan semakin cepat untuk mencapai nilai kv ideal, yaitu angka 10. Itulah kenapa kemarin disebut oli multi grade lebih baik daripada single grade.

Bukannya di suhu 100°C punya viskositas sama? Betul, tapi ingatkah dengan sebuah iklan oli dimana 90% keausan mesin terjadi disaat mesin dingin atau mulai start? Itu betul adanya. Makanya konsen di suhu dimana oli belum bekerja maksimal, karena keausan mesin terjadi saat itu.

Bagaimana melihat kv oli dengan angka sae lainnya? Anda bisa melihat dari data PDS oli yang anda beli. Makanya ngadimin hanya mau memakai oli yang menyediakan data pds produk mereka. Dimana kita bisa melihat data pds oli? Internet.

Sebagai pegangan umum, ngafimin sertakan tabel kv oli denganl berbagai macam sae dibawah ini

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum