Honda Sonic Sudah Bikin Heboh Publik Motor…. Di Dunia Maya

suzuki

Yola dulur…. berhubung kerjaan menjulang menjelang lebaran, deka nggak sempet posting artikel dan tertinggal akan keramaian motor-motor baru. Yang menjadi perhatian deka saat mengikuti info dumay tentang motor adalah nongolnya duo motor bermesin square ahm, new cb150sf dan new sonic 150. Khususnya sonic 150 yang sudah membuat heboh publik permotoran, meskipun baru sebatas di dunia maya.

new sonic 150
new sonic 150

Apalagi dibumbui dengan pemunculan opini bahwa sekarang sedang terjadi pertempuran antar fans suzuki dengan fans honda yang disupport oleh fans yamaha…. ah mosok…… deka sih nggak ikut-ikutan ngomporin, biarlah itu menjadi proses pendewasaan masing-masing pribadi.

Kehebohan sonic sendiri sih deka juga anggap maklum karena euforia fans mereka dan juga jin-jin yang memang sudah tugasnya membuat ramai dunia maya. Apalagi sudah terlanjur mahfum dengan gaya marketing ahm yang sangat luar biasa dalam membangun opini publik. Soal daya gedor informasi, pendekatan humanis pada media, menjalin rasa ikatan emosional terhadap fans-nya, ahm belum ada yang mengalahkan status dewanya ahm tentang hal ini.

Di lain sisi, euforia ini juga menunjukkan bahwa fans ahm sudah lama mendambakan desain motor yang ikut mode kekinian sejak dulu, diakui atau tidak memang seperti itu. Sehingga dengan kemunculan desain new sonic, plus new cbsf membuat mereka sangat euforia, seperti kemarau panjang diguyur hujan sehari, dahaga yang lama seperti terpuaskan seketika. Deka sendiri ikut senang dengan kondisi tersebut, tambah banyak pilihan motor dengan desain keren di tanah air ini. Mbok ya dari dulu gitu kan enak ūüėÄ .

sonic k56
sonic k56

Soal mesin yang menggunakan pendekatan baru yaitu mesin square dohc, sudah cukup deka ulas di artikel sebelumnya.

sonic-k-56-stroke-panjang-lha-dohc-nya-buat-apa

Dengan spesifikasi yang deka dapat unofficial, diketahui sebagai berikut

 

  • Panjang x lebar x tinggi (mm)¬†¬†¬† : 1.941 x 659 x 977 (mm)
  • Sumbu roda¬†¬† : 1.275 mm
  • Tinggi jok : 754 mm
  • Ground clearance¬† : 140 mm
  • Berat¬† : 114,2 kg
  • Diameter x langkah : 57,3 x 57,8
  • Kapasitas: 148,2 cc ( mungkin maksutnya 149,2 )
  • Tipe mesin¬† : 4-tak, DOHC, berpendingin cairan
  • Perbandingan kompresi : 11,3:1
  • Power maksimum : 11,5 kW/9.000 rpm
  • Torsi maksium¬†¬† : 13,5 Nm/8.500 rpm
  • Kapasitas tangki bensin¬† : 4,3 liter
  • Rem depan-belakang : Rem cakram
  • Ban depan-belakang¬†¬† : 70/90-17 (depan) -80/90-17 (belakang)

Dengan spesifikasi diatas sepertinya ahm mengejar torsi dan efisiensi bbm, agar sonic akan berimage motor kencang karena tarikannya mantab, tapi tetap tidak meninggalkan kesan irit. Soal performa total on paper yang nggak lebih unggul dibandingkan motor yang ada, tentu ahm sudah memikirkan matang-matang strategi mereka. Namun satu hal yang deka tangkap adalah hal ini semakin menguatkan opini adanya “gentlement agreement” diantara the big four of japan.

Yo nggak masalah juga, itulah keuntungan negara yang kuat secara tehnologi memanfaatkan negara dengan karakter kebangsaan yang lemah. By the way kehebohan new sonic ini baru di ranah media, khususnya dunia internet. Akankan heboh juga di dunia nyata? well time will tell lagh….. ( dengan gaya Gus Tri ).

Yang jelas, ceruk pasar ayago adalah ceruk yang sempit, dimana karakter konsumen adalah spartan dan cenderung loyalis berdasarkan image dan opini yang sudah mengakar kuat. Hal ini sudah dicontohkan oleh kasus kawasaki ninja dengan yamaha R-25. Kesuksesan sonic di dunia nyata masih tergantung dari strategi pemasaran berikutnya, serta mampukah new sonic ini mengobati rasa kangen terhadap sonic 125 cc yang fenomena itu? Kalau dianggap layak sebagai pengganti sonic 125 cc, maka jalan kesuksesan akan terbuka. belum lagi soal kepuasan baik performa maupun kualitas motor itu sendiri juga akan sangat berpangaruh.

Bagaimana deka menilai motor ayago baru ini? Well…. belum bisa menilai terlalu jauh karena baru melihat desain yang sejauh ini oke saja. Kalau dulur sekalian sudah mendambakan ayago ahm ya silahkan beli saja, acuhkan saja pendapat orang lain, yang penting punya ayago merk Honda. Kalau masih penasaran dengan ayago encumbent, si status quo satria Fu, toh sedang digodog versi barunya, silahkan dibandingkan saja dengan sonic…… gitu aja kok repot, gitu aja kok heboh….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

gulf oil