Hindari Riding Kencang Di Belakang Kendaraan Roda 4

suzuki

 

Yola dulur yang budiman……kondisi Indonesia memang unik. Kalok di negara lain fine-fine aja, bisa jadi disini malah dihindari. Salah satunya adalah riding persis dibelakang kendaraan roda 4, mobil atau kendaraan yang lebih besar lagi. Hal ini menyangkut safety kita, dan tentunya untuk bersahabat dengan kondisi jalan dimarih.

Kalok di luar negeri, katakanlah eropa dan amerika sering kita lihat melalui media baik tivi atau internet, biker dengan enjoy-nya riding di belakang mobil atau kendaraan besar lainnya dengan kecepatan kencang. Paling hanya perlu waspada dan jaga jarak aman jika kendaraan depannya mengerem mendadak. Jadi biker tinggal fokus jangan sampai nyundul saat terjadi pengereman mendadak.

Tapi hal tersebut jangan dicontoh dimarih. Indonesia itu unik, jika di negara lain bisa dilakukan, jika diterapkan dimarih bisa tidak cocok, bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan fatal. Contoh ya itu… riding kencang di belakang mobil atau kendaraan besar lainnya seperti truk, atau kendaraan besar yang membuat pandangan ke depan menjadi terbatas. Kondisi jalan lah yang membedakan kita dengan negara ngeropah sono. Jangan bandingkan kualitasnya, bahkan di sono motor boleh masuk jalan tol.

Jika anda keukeuh, tetap membandel melakukannya, resikonya bisa sangat besar. Tahu sendiri kondisi jalan kita seperti apa. Lubang jalan, pothole begitu banyak dijumpai seperti jerawat yang awet dan tiba-tiba nongol saat remajanya deka dulu 😀 :mrgreen: . Bahaya di marih 2 kali lipatnya dibandingkan di eropa sonoh soal riding kencang di belakang mobil. Selain harus sigap mengurangi kecepatan karena ngerem mendadak, kita juga sering dikejutkan dengan lubang jalan, pothole yang tiba-tiba ada di depan kita.

Dalam posisi pandangan terbatas, kita tidak tahu kondisi jalan di depan mobil atau kendaraan depan kita. Mobil sih bisa menghindari lubang dengan ngangkangi…. melewati lubang pas di tengah-tengah antara ban kiri dan kanan. Lha yang memakai motor di belakang,? tahu-tahu disajikan lubang di depannya persis… Bisa njungkel kalok lubangnya dalam atau curam. Itulah bahayanya kondisi jalan kita.

Tipsnya sih, yang deka lakukan adalah mengambil sisi agak kanan atau kiri mobil atau kendaraan di depan kita. Minimal kita bisa melihat kondisi jalan di jauh di depan, sehingga bisa memprediksi reaksi apa yang akan kita lakukan secara lebih aman… lebih antisipatif. Lebih baik mengurangi resiko daripada reaksi sesaat mengandalkan skill berkendara, karena di jalan bukan kita saja yang lewat. Bisa saja dengan skill kita, bisa menghindari lubang yang tiba-tiba kelihatan. Tapi pengendara lain apakah bisa mengikuti skill anda? Bisa bisa kesamber kendaraan di sisi kita, atau malah diseruduk dari belakang.

Lebih baik menambah kesempatan untuk mencegah daripada bereaksi sesaat…. Safety riding Please………

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil