Hati-Hati Beli Barang Online, Web Lampu Led Ini penipu??….

suzuki

Yola dulur… jaman sekarang, yang namanya jual beli sangat mudah dilakukan. Nggak perlu kemana-mana, tinggal modal gadget, atau laptop, bisa mencari segala macam barang yang akan kita beli.

shoping online
shoping online

Dari level web, portal khusus jualan sampai facebook bisa kita akses untuk menjalankan jual beli, biasanya pembayaran berupa transfer bank dan sebelum barang dikirim. Deka sendiri sudah sering bertransaksi inline semacam ini, dari beli lampu led, bohlam, jas hujan, peralatan modifikasi, breket, pakaian, parfum dan lain-lain. Dan hampir semuanya sukses tanpa kendala.

Namun kali ini beda cerita, lampu tambahan DRL ki bagong yang berbentuk LED sudah wayahnya putus, sehingga deka berinisiatif membeli kembali via online ke langganan sebelumnya. Sayangnya stok yang seperti deka punya sedang out of stock alias habis aka beak. Maka ane lakukan browsing untuk mencari Led tersebut dan nemu sebuah web, sepertinya begitu meyakinkan yang menyediakan lampu led seperti spesifikasi yang ane inginkan. Led tersebut berbentik lampu senja 5 watt denga lensa cembung. Web penyedia berbagai lampu dari led, lampu biasa sampai proji seperti dibawah ini

Web jualan kagak jelas
Web jualan kagak jelas

Di situ terpampang nomer yang dihubungi untuk transaksi atau pemilik warung. Langsung ane kontak sesuai keterangan yaitu via sms tentang ketersediaan barang dan harga. Setelah sepakat maka pemilik warung tersebut mengirimkan nomer rekening BCA untuk ane transfer sejumlah uang yang disepakati. Berikut bukti transfer deka dan nama pemilik rekening.

gulf oil
kukti transfer nama penerima rekening
kukti transfer nama penerima rekening

Setelah mentransfer dan mengirim alamat tujuan paket maka ane memberitahukan ke penjual dan dibalas dengan “Nanti akan kami Cek dulu”. Dan biasanya setelah itu atau selang satu haripenjual akan memberitahu kita bahwa dana sudah masuk dan barang siap dipaket atau diberitahukan kapan barang akan dikirim. Namun kali ini nggak ada, sehingga deka punya inisiatif utk menanyakan via sms, hari pertama tidak ada balasan, hari kedua sama saja, hari ketiga idem, dan sampai sekarang nggak ada balasan, bahkan nomer tidak bisa dihubungi.

Jadi jika dulur sekalian mau transaksi membeli barang di web atas, mending diurungkan saja. Daripada kejadian seperti yang deka alami. ternyata transaksi jual beli lebih aman via facebook yang ada admin atau memang portal jual beli…. Berhati-hatilah dengan dunia serba abu-abu bernama dunia maya…..pastikan kejelasan identitasnya.

NB : update terkini, hari Rabu 04 juni 2014 admin web menghubungi deka, barang proses kirim… Case Closed……..(sayangnya tdk ada komunikasi selama 8 hari, membuat praduga negatif…. sebuah hal yang fundamental dalam bisnis OL…. Komunikasi…..)

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum