Hasil Tes Motor Suzuki GSXRR Valencia : Jalur Positif Bagi Rins Dan Mir

suzuki

Yola dulur dulu budiman… Kebetulan ngademin dapat akses free nonton motogp valencia test atau winter test pertama. Di hari pertama hanya melihat sekilas-sekilas karena fokus ke family time, dan di hari keduanya lumayan mengikuti sampai tes selesai di menit akhir. Dari hasil test terakhir, memberikan kesimpulan bahwa test motor gsxrr di jalur positif bagi Rins dan rookie Joan mir.

Berbeda dengan tes hari pertama, dimana team gagal meriset motor baru spek 2019 karena kondisi cuaca hujan tak menentu, dimana saat mesin baru selesai belum sempat dijajal oleh Rins. Di hari kedua cuaca lumayan cerah, meskipun saat pagi hari suhu sangat dingin sehingga kembali rins gagal mengembangkan mesin baru spek 2019.

Baru mulai siang harinya kedua pembalap, Rins dan Mir mengeksplore suzuki gsxrr mereka dengan tujuan berbeda. Rins mencari setup mesin baru dan membandingkannya dengan motor lama. Sedangkan Mir, belajar bagaimana setup mesin, belajar elektronik, serta pernik-pernik motogp lainnya.

Posisi Rins memang cukup vital sekarang, menggantikan iannone sebagai pembalap pengembang motor suzuki gsxrr kedepannya. Nampak dari banyaknya lap yang dia tempuh lebih banyak dari Mir ( mir, 2 jam sebelum kelar sudah gantung wearpack alias cukup, tidak melanjutkan tes lagi ), Rins juga nampak sering keluar masuk pit untuk berganti motor spek lama dan baru.

Bagaimana soal hasil tes valencia selama 2 hari? Sangat positif untuk kedua pembalap. Bagi rookie Mir, capaian waktunya sebagai pembalap yang pertama kali mengendarai motor gsxrr kelas motogp, hanya terpaut kurang dari 1 detik dari pembalap tercepat, vinales dengan motor yamaha barunya. Dan ingat…. Mir berlatih atau test menggunakan motor gsxrr spek 2018 kemarin, bukan motor baru. Tugasnya memang bukan untuk mencari waktu yang tercepat, namun pengenalan awal, belajar set up dan elektronik kelas motogp. Adaptasi yang luar biasa dari pembalap yang baru 1 musim di kelas moto2.

Seperti kata boss brivio berikut ini

” Joan continued his apprentice programme, after getting confident with the bike yesterday, today he began to appreciate how the bike’s behaviour changes as soon as we apply some modifications. For him the job was mainly focused on set up and electronics.”

Bagaimana dengan misteri suzuki gsxrr versi 2019 yang diinfokan lebih powerfull dibandingkan versi 2018?

Mesin Suzuki GSXRR 2019 Lebih Sangar Dibandingkan Versi 2018

gulf oil

Info yang ngademin peroleh ternyata bukanlah isapan jempol. Di hari terakhir tes valencia, Rins memberikan bocoran dimana performa motor barunya justru nampak tidak dimunculkan saat test. Kenapa? karena motor barunya belum menggunakan sasis baru, mesin barunya juga belum diset up dan mendapatkan program yang pas. Namun karakter dasarnya sudah dirasakan oleh Rins, dan sangat berbeda dengan versi 2018.

Meskipun Rins mencatatkan waktu selisih 0,4… detik lebih lambat dari vinales yang tercepat, dia melakukannya dengan motor 2018, bukan new gsxrr 2019. Seperti bocoran Rins berikut ini.

“My first impression of the new engine was good. I did a lot of laps with both the old engine and the new spec one, so I could compare and contrast. In the end my fastest lap came with the old engine, but we’ll continue to work. The new one has a lot of power and that’s a good sign. The main difference is in the power delivery on the whole curve, I can feel that a lot with the new engine spec.”

Mesin baru yang dipasang di sasis lama ini belum di set up sempurna… Menurut Rins, mesinnya memang lebih powerfull, sangat terasa mulai rpm bawah sampai atas. Bahkan ” dengklak-dengklak ” alias mudah wheelie karena tenaga berlimpah.

So what was the difference between the new and old engine? “The only big difference I felt was the power,” said the number 42 rider. “The new one has more power from the bottom area. All the gears with more power, with more wheelie. This is the only difference I felt.”

Ibarat kata, mesin barunya masih mentah, belum mendapatkan settingan, data elektronik, serta tambahan modifikasi motor yang pas. Bahkan team belum sempat menguji sasis modifikasi baru mereka untuk menampung mesin barunya ini.

Jadi motor suzuki gsxrr 2019 yang dites masih dalam bentuk sepotong-sepotong, alias masih rahasia. Pengetesannya dibagi dalam berbagai potongan, tidak dalam satu paket utuh. Yah… Memang harus seperti itu, biar tidak mudah dibaca dan diintip oleh kompetitor. Ini juga menjadi daya tarik untuk diikuti karena masih dalam bentuk misteri. Namun yang jelas, kedua pembalap dalam jalur positif dan optimis menyambut balapan musim depan.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum