Harga R25 Keukeuh Nempel Ninja 250 FI, Mesin Sipat Kandelnya

teaser r25
suzuki
teaser r25
teaser r25

Yola dulur….. Yamaha R25 masih menyimpan misteri, khususnya harga bandrol dan performa mesin. Meskipun hembusan angin harga R25 sudah terasa bau-baunya karena sumber rumor dari pihak yang dianggap bisa dipercaya, yaitu mepet harga Ninja 250 FI. Kalau deka sendiri bukan memprediksi, namun menganalisa dan mengharap harga yang lebih rendah dari rumor, agar sekali lagi biker di marih mendapat motor 250 cc yang punya value harga yang bagus, seperti di artikel ini.

Sebenarnya ane pribadi mengahrap R25 memakai suspensi belakang memakai link, karena walaupu secara fungsi masih bisa diperdebatkan jika dibanding  dengan suspensi yang ada pada R25, namun berhubung suspensi apa yang akan dipakai juga masih gelap, deka nggak bisa bicara lebih.Namun yang jelas, semua sudah diperhitungkan oleh insinyur Yamaha tentang funsionalitasnya andaikata R25 memakain non link. Cuma memang kesan mewahnya jadi nggak ada, soalnya motor di kelas lain memakai suspensi trade mark seperti unitrack dan prolink…. itu saja…..

teaser yamaha-yzf-r25
teaser yamaha-yzf-r25

Secara desainpun sudah kita ketahui melalui bermacam-macam  spyshoot, banyak yang memuji karena fresh dan memancarkan aura motor sport mewah. Namun umumnya faktor desain tidak begitu pengaruh dengan penentuan harga. Frame R25 sendiri juga sama dengan CBR 250 dan Ninja 250FI, memakai struktur twin tubular, bukan twinspar deltabox trade mark yamaha. Berarti tidak ada keunggulan value dibanding kompetitor di sektor ini… sama sajah dengan 2 rekan beda merk ituh.

Terus kalau semua sama dengan rekan beda merk, kenapa Yamaha begitu pede-nya dengan R25? Berani membandrol R25 mepet dengan harga Ninja 250FI sebagai pemegang harga tertinggi di kelas sport 250, padahal Ninja adalah produk impor dari thailand, sedangkan R25 merupakan produk lokal. Image di masyarakat berkata, harusnya produk lokal lebih murah dibanding yang impor. Apa yang menjadi sipat kandel yamaha menyandingkan R25 mepet Ninja 250FI?   ya… biasanya pabrik mempunyai sipat kandel atau faktor keunggulan pada produknya sebagai sebagai senjata menembus pasar, jika faktor harga tidak digunakan.

r25 ngeteng bensin
r25 ngeteng bensin

Sektor mesin….. jika deka boleh menebak…. itulah sektor yang belum dibahas dari R25ini semenjak terhembusnya isu motor satu ini sampai spyshoot printilan…sampai spyshoot motor secara utuh. Sektor mesin masih menjadi hal yang ditutup rapat oleh Yamaha untuk dikorek data maupun speknya….. Cuma a pack of punch-nya Valentino Rossi, tidak kurang tidak lebih. Mesin menjadi sipat kandel Yamaha untuk R25 ini, bicara mesin berarti bicara performa. Entah powernya yang perkasa, torsi nendang, efisiensi bahan bakar atau kombinasi dari ketiganya melebur dalam mesin 250 cc dohc liquid cooled. Kita akan tahu kepastiannya dalam waktu dekat….. Semoga satu hari lagi….. besok tanggal 22 Mei 2014….Are you ready?????

Bonus…. Ready for Love…. by Bad Company

Semoga bermanfaat

Wasslamualaikum