Harga R15 30 Jutaan? Harapan Saia Nggak !!

(red white r15)
suzuki

Yola dulur… membaca artikel di kompas.com tentang sebuah motor,dan kemudian dibahas sama blogger papan atas. Ternyata menjadi isyu diskusi yang menghangat, disini saia tertarik untuk urun opini tentang info yang menghangat itu.

(red white r15)
(red white r15)

 

Ya, karena ini menyangkut motor sport fairing kelas 150 cc, dimana ini kelas yang sangat dekat dengan biker di negeri ini. Kelas dimana para calon konsumennya sangat sengitip di segala bidang, baik desain, fitur, performa, serta harga (mengutip bahasanya mbah dukun Satar 🙂 ).

Menurut analisis saya (dengan gaya butet 😉 ) kelas ini adalah kelas dimana pata kumpeni berpikir keras di segala aspek, seperti tersebut barusan diatas. Kenapa? karena di kelas ini menyasar kuantitas yang lumayan banyak, meski ngga sebanyak metik, tapi bisa menyaingi bebek. Konsumen potensialnya paling banyak di kurva menengah, dimana lebih kritis tentang produk yang akan dipilih. Bahasa gampangnya bisa diusahakan beli tapi dengan syarat. Dari semua hal yang sengitip itu, dua hal yang paling sengitip adalah performance dan harga, meskipun desain juga ikut berpengaruh, tapi masih bisa dikalahkan sama kekuatan brand.

(red r15)
(red r15)

Kembali ke masalah harga R15, seperti yang diberitakan kompas, bahwa mereka mendapatkan sumber dari internal Yamaha (ngga tahu direksi, manajer, atau sales) kalau R15 akan dibandrol di harga 30an juta. Cukup mengagetkan jika berpaku pada harga NJKB yang sudah beredar yang hanya di harga 18 koma juta, yang jika dikira-kira harga OTR antara 25-28 juta. Nah di titik ini saia seperti ngga mathuk alias ngga sreg dengan harga bandrol 30an juta. Ada beberapa hal yang menjadi dasar opini saia tersebut.

  • Seperti kita ketahui, sebenarnya R15 bukanlah barang baru, yang membikin kita wow, karena motor ini sudah lama kita kenal walaupun hanya dari media, performance, spek mesin, wujud tahu sudah lama. Hanya wujud fisiknya saja sebagian besar dari kita belum pernah langsung melihat. Jadi satu-satunya kesan wow hanya di bandrol harga, yang sampai sekarang kita belum tahu pasti. Ini bisa digunakan yamaha untuk menarik antusiasme tinggi pada awalnya, meskipun berikutnya akan naik sesuai dengan hukum supply and demand.
  • Dengan telah diketahuinya bandrol NJKB di angka 18 koma, dan yamaha nekad ngejual di harga 30an juta maka akan dianggap kemaruk, ngambil untung terlalu gede, ini akan menjadi blek kempen yang gurih, ini akan mempengaruhi opini pembeli.
  • Meskipun secara performa di video-video india dimana R15 masih mengungguli motor fairing dohc 150 cc lainnya (ngga usah disebut, sengitip 😀 ), tapi disini isyu dohc dan sohc masih puanasss… jadi belum bisa menjadi patokan keunggulan dari kompetitor.
  • Secara subyektif, saia menganggap desain R15 ganteng,racy abis… tapi ini hanya berlaku di mata sebagian orang, namanya juga subyektif belum tentu sama di pikiran tiap orang, apalagi yang sudah brand minded, dijamin tidak berlaku.
  • Benturan harga Ninja SL 250 jika bener di harga 39 koma, dengan keberadaan perusahaan leasing, maka bisa berselisih tidak jauh dengan R15, ini juga akan mempengaruhi sebagian dari potenssial buyer.
  • Dan ini yang paling penting buat ane, jika yamaha membandrol di harga 30an juta, harapan saia agar biker disini mendapat motor jepang yang punya value tinggi kaga kesampaian.
(white blue r15)
(white blue r15)

Itulah beberapa dasar pemikiran saia, tentang bandrol R15. Harapan saia tetep di range harga 25-28 juta, tapi semua kembali ke keputusan kumpeni yamaha mau mbandrol berapa, terserah mereka. Disini saia hanya beropini sebagai biker biasa, ordinary bike enthusias, pengen beli juga kaga… wong ra nde det.

Soo…..layakkah R15 dibandrol 30an juta? THINK AGAIN…..

Wassalamualaikum.