Harga New R15 V3…Emang Mengincar CBR-150R

suzuki

 

 

Yola dulur yang budiman…. Sesuai dengan prediksi ngadimin beberapa waktu yang lalu, melihat detail desain serta fitur yang disematkan di yamaha new R-15 versi3, sepertinya akan bermain di range harga 33-34 juta rupiah. Nah kini sudah muncul di media tentang bandrol new R15 yang sudah di rilis. Melihat bandrolnya sepertinya emang mengincar pasar CBR-150.

Dengan bandrol OTR DKI 34,5 juta rupiah berarti new R15 adalah motor full fairing 150 dengan bandrol tertinggi dibandingkan CBR150 yang bandrolnya dimulai dari 34 juta rupiah. Abaikan GSX-R150 karena bermain di under 30 juta rupiah. Sebenarnya hal yang wajar jika R15 harganya naik begitu drastis dari versi sebelumnya. Walaupun sama-sama masih dalam kubikasi 150 cc, namun new R15 memberikan lompatan yang jauh dibandingkan versi sebelumnya.

Tengok saja dari bodi yang nyaris sama dengan kelas 250 cc, suspensi upside down, lampu full LED, ukuran ban lebih besar dibandingkan versi sebelumnya yang seharga 30an juta rupiah. Belum lagi sektor mesin yang memakai mesin lama, dibore-up menjadi 155cc, dan dilengkapi VVA untuk meratakan grafik performa, serta assist slipper clutch di sektor power delivery. Kenaikan sekitar 4 juta dari versi sebelumnya menjadi layak.

Namun bagaimanapun menurut pandangan ngadimin, harga versi sebelumnya emang sudah termasuk tinggi. Jadi ketika Ada kenaikan harga di versi terbaru ini, menjadi terlihat tinggi banget harganya. Untungnya CBR-150 sudah berbandrol 34 juta rupiah dulu, jadi harganya menjadi “nampak” normal. Kalok dari permukaan sih sepertinya emang ingin dibenturkan dengan sport full fairingnya AHM ini. Apakah di mata yamaha, CBR150 adalah motor yang punya kekuatan besar…. kalok dilihat dari faktor marketing ya.

Dengan kemampuan finasial, kapasitas produksi, line jaringan, serta pembiayaan, memang cbr150 menjadi penjegal utama produk sport yamaha, termasuk new R15 ini. beda kasus dengan GSX-R150 yang kapasitas line produk dan target penjualannya kelihatan kontras dibandingkan yamaha atau honda. Ini sudah deka kasih Clue awal-awal peluncuran GSX-R150 dulu. GSXR150 akan berjalan sendiri tanpa mencari lawan, siapa yang diincar. Suzuki hanya fokus bagaimana mengembalikan trust para konsumennya yang sempat lepas, bukan mencari lawan.

Jadi secara dunia marketing, memang friksi antara suzuki-yamaha-honda, sepertinya akan panas antara yamaha-honda. Suzuki memilih ngadem dan fokus ke internal mereka. Jika ternyata menyedot potensi pembeli yamaha dan ahm, itu hanya bonus belaka untuk saat ini. Beda cerita ketika membandingkan produk itu sendiri di atas jalan, ketiganya sekelas dan sepadan untuk dibandingkan.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil