Halo YIMM…Bagaimana Kabarnya Scorpio??

Yamaha Scorpio
suzuki

Yola dulur…. saat hingar bingarnya kabar motor sport yang yang sekarang lagi hot-hotnya ini, deka kok teringat akan motor batangan milik Yamaha yang sudah agak beberapa saat tenggelam nyaris tidak ada suaranya.

Yamaha Scorpio
Yamaha Scorpio

Yamaha Scorpio… sebuah motor 225 cc yang pada awalnya untuk menandingi sang legenda Honda Tiger ini, deka bilang misinya uncomplish, alias tidak sesuai target, kalau boleh dibilang gagal…meski ngga pakai total 😀 . Padahal motor ini mempunyai potensi dahsyat di sektor mesin, boleh dibilang mesin scorpio ini titisan RX King untuk 4 tak, punya tarikan dahsyat untuk kelas dibawah 250 cc, soal ini bolehlah diadu ama sang legenda tiger… tarikan. Fiturnya pun menurut deka melebihi tiger, dimana scorpio udah memakai monoshock. Dengan modal tersebut sebenarnya scorpio punya modal untuk menjadi begal jalanan 😀 (hanya sekedar perumpamaan).

Namun sayangnya scorpio tidak bisa menggoyang nama besar tiger. Berbagai macam refreshmen, facelift pun tidak mampu mendongkrak market scorpio. Penjualan scorpio begitu njomplang dibanding adiknya si piksen vixion. Masih kalah dengan isu negatifnya seperti boros, shock ambles, muka klingon, sampai lampu stoplamp melambai-lambai aka kiwir-kiwir 😀 . Padahal kata penunggang pio sendiri tinggal diganjel pakai plat besi selesai masalah, namun begitulah, isu negatif sangat erat melekat di benak calon konsumen

yamaha_scorpio old
yamaha_scorpio old

Dengan uncomplish-nya misi scorpio ini apakah motor ini akan diblangkrakkan oleh yamaha? Kalau iya, deka sangat menyayangkannya karena melihat potensi dari scorpio tersebut. Kelas naked diatas 150 cc masih lowong untuk yamaha. Dari awal kelahirannya yang menjadi kendala scorpio adalah dari segi desain yang nggak masuk untuk selera biker dimarih. Nah dengan mesin tersebut, YIMM tinggal membuat desain baru all new,bisa bentuk touring, motorad, atau supermoto.

Atau ada pilihan yang menurut deka lebih mudah. Melihat R125 dibikin naked menjadi MT-125 dan ternyata desainnya sangat masuk sekali, kenapa yamaha tidak mencobanya untuk yang 250 cc. Ya…. R25 yang full fairing tersebut dibuat versi nakednya, seperti umumnya produksi yamaha lainnya seperti r15 dengan Vixion-nya. Atau kawasaki yang membuat versi naked Ninja menjadi seri Z, atau Honda membuat seri CB…F untuk versi nakednya.

ilustrasi mt-25 scorpio by joe motoblast
ilustrasi mt-25 scorpio by joe motoblast

Dengan menamai versi naked dari R25 menjadi scorpio, misalkan namanya MT-25 Scorpio kayaknya boleh tuh. Renderan dari bro joe motoblast aja udah kelihatan keren, apalagi kalau yamaha sendiri yang mendesainnya. Dengan mesin twin silinder segaris, tehnologi terkininya yamaha, secara langsung akan mendongkrak image scorpio yang terpuruk selama ini. Soal harga yang akan terpaut jauh dari scorpio lama, ndak masalah. Soalnya fitur, mesin dan desain lebih advance dibanding yang lama. Toh emang niatannya untuk menghapus image scorpio yang sudah terbentuk sekarang.

Bagaimana dengan dulur-dulur sekalian? punya opini lain? Silahkan dishare…

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

Bonus…. Scorpions….. Rock you like hurricane 

gulf oil