Gundam Katana… Gundam Yang Bukan Gundam

suzuki

Yola dulur yang budiman… Artikel khilap gundam lagi. Kali ini buka membahas gunpla, tapi salah satu jenis mecha gundam. Gundam satu ini unik, judulnya gundam katana, tapi ternyata bukan gundam.

Yang perlu diketahui, gundam katana belum menjadi sebuah anime atau serial kartun jepang. Gundam Katana masih dalam bentuk manga atau komik, publish mulai 2009 sampai 2013. Meskipun sudah selesai atau tamat, namun ngademin belum membaca sampai katam. Maklum, mengikuti melalui manga online.

Unik karena sekilas nampak seperti mecha gundam. Tapi jika dilihat secara detail, ini bukan jenis mecha gundam. Namun mobile suit kelas serdadu atau versi mass product…. RGM… Tepatnya RGM-79 FC strikercustom. Yang membuat mirip gundam adalah bagian kepalanya. Ya… RGM-79 FC striker custom ini mempunyai kepala gundam.

Seperti ciri khas gundam universe, mobile suit custom adalah mobile suit kelas serdadu yang dimodifikasi atau dicustom upgrade yang diberikan ke para komandan atau pimpinan pasukan. Mobile suit ini dipiloti oleh Ittou Tsurugi. Gundam katana adalah sebuah RGM 79 yang diupgrade dengan striker atau backpack trhuster dan armament/ persenjataan pack lebih canggih.

Ittou Tsurugi, tokoh utama di gundam katana adalah komandan dari Earth Federation’s dreaded special operations brigade, BGST (aka “Barghest”). Cukup unik, karena BGST adalah sebuah polisi militer, mengusut kejahatan internal militer. Uniknya lagi, BGST bersifat monarki, pimpinannya atau komandannya berdasar keturunan… Ittou menjadi komandan karena ayahnya pensiun, dan dia pewaris BGST. Uniknya lagi BGST itu isinya orang-orang yakuza.

Seperti halnya sebuah RGM 79 yang merupakan penyederhanaan dari gundam agar lebih mudah dan murah untuk diproduksi masal. RGM dipecah menjadi banyak varian tergantung kebutuhan. RGM-79 FC adalah MS untuk spesialis close combat atau pertarungan jarak pendek atau duel. Makanya Gundam katana/ RGM79 FC striker custom ini hanya dilengkapi dengan armament untuk duel face to face seperti :

  • 60mm Vulcan Gun
  • Beam saber
  • NF·GMG-Type.37/100mm Machine Gun
  • Custom Beam Saber
  • Spark Knuckle
  • Burst Knuckle
  • Knuckle Dagger
  • Custom Spike Shield

Semua senjata untuk close combat… Maklum Ittou Tsurugi sendiri memang ahli beladiri samurai… Cirikhas beladiri keluarganya yang klan yakuza. Sedangkan kepala gundamnya sendiri bukan sekedar pajangan, tapi agar RGM-79 ini bisa spesial ditanam program ” Demon Blade ” dan hanya kepala gundam yang bisa menampung program tersebut.

Demon blade merupakan Artificial Intelligence program uji coba untuk mensinkronkan MS dengan pilot untuk memunculkan reaksi atau potensi ” Cyber Newtype” sang pilot. Efeknya, pergerakan MS akan lebih cepat dan memunculkan efek vibrasi dan mengeluarkan sejenis debu elektrik yang membuat Ittou menggunakan jurus rahasianya.

Meskipun dilihat secara tehnologi gundam ini kurang canggih, namun ceritanya yang mengambil set Universal Century/ UC 0084 ini sangat-sangat menarik…. Pertempurannya kombinasi senjata modern dan perkelahian face to face menggunakan ilmu beladiri. Bagaimana Ittou memecahkan sebuah kasus mirip seorang detektif, intrik politiknya, tingkah laku anggota yakuza, membahas idealisme konservatif, dan juga misteri dari BGST sendiri. Dan utamanya konflik keluarga Ittou yang sangat-sangat konservatif ala keluarga samurai.

Untuk gunplanya sendiri, ngademin belum menemukan agen yang menjual gundam katana. Atau memang belum diproduksi oleh bandai????

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

gulf oil

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*