Gagal Bobol Sistem Keyless, Maling Buang Suzuki GSXR150

Yola dulur yang budiman…. Akhirnya sempat ngeblog lagi. Kembali kejadian maling nyengir kuda, gagal bobol sistem keyless suzuki gsxr150 dan akhirnya dibuang di tengah sawah.

Dari awal peluncuran suzuki gsxr150, salah satu fitur yang ditonjolkan adalah sistem keylessnya. Bukan semata untuk gengsi-gengsian, namun juga mendukung keamanan motor di tengah ramainya pencurian sepeda motor sekarang.

Buat Maling Motor, Stop Nyolong Suzuki GSX-R150

Maling Gagal Bobol Keyless… GSX-R150 Diobrak-Abrik

Sudah beberapa kejadian maling berhasil menggondol motor suzuki gsxr150 ( dibawa tanpa menyalakan motor ) kemudian mereka akali dengan jumper atau membobol sistem kelistrikan sistem keyless suzuki gsxr150 buatan mitsubishi ini. Hasilnya sama saja bodong . Mesin Suzuki gsxr150 gagal menyala.

gulf oil

Kali ini kejadian mirip diunggah di laman medsos facebook oleh muhammad raihan. Seekor suzuki gsxr150 digondol maling, dan setelah diupayakan menyala namun mesin tidak hidup, motor ditinggal begitu saja di tengah sawah. Motornya sendiri setelah ditelisik merupakan milik salah satu anggota club suzuki gsxr150 wilayah banten.

Memang keyless suzuki gsxr150 itu bukan cuma menggantikan kunci kontak. Sistem kelistrikan yang diaktifkan oleh gelombang radio remote ini mengaktifkan 2 sistem kelistrikan. Kelistrikan umum dan kelistrikan ECU.

Jadi sistem keyless tidak bersumber di kontak motor saja, namun juga akses khusus ke ECU. Jika kontak dibobol, maka hanya kelistrikan umum berhasil dijebol ( kontak keyless dijebol menggunakan kunci T, maka itu baru satu tahap. ECU yang tidak membaca adanya sensor dari remote atau kode pin secara manual, maka ECU ogah aktif.

Meskipun kelistrikan hidup namun ecu ecu ngambeg ya jas buka iket blangkon, sama juga sami mawon…. Mesin ngga akan hidup karena otak yang mengatur injeksi, sensor2 mesin, serta kelistrikan busi tidak aktif.

Itulah sistem kerja keyless nya suzuki gsxr150. Jadi jika ada motor sudah menggunakan sistem smart key atau keyless sistem masih bisa dibobol secara manual, dipastikan keylessnya hanya sebatas kontak pengganti kunci manual saja… Selama listrik kunci kontak bisa dijumper dan mesin nyala, itu berarti sistem keylessnya hanya mengaktifkan rumah kunci kontak secara manual saja.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum