Fungsi Bentuk Unik Disk Brake Satria

suzuki
disk brake satria by laskar suzuki
disk brake satria by laskar suzuki

Yola dulur…. awalnya penasaran dengan artikel dulur-dulur blogger mengangkat tema tentang kelucuan tulisan laskar suzuki Indonesia tentang fungsi petal disk brake satria fu. Beberapa dulur mempertanyakan kesahihan fungsi bentuk disk brake satria fu yang dianggap berfungsi seperti rem abs, tapi versi murah. Dimana fungsi abs-nya, lha wong nggak ada tambahan piranti sensor atau pengatur hidrolik?

Boro-boro abs versi beneran, lha wong abs versi kw yang tanpa sensor sajamasih butuh piranti tambahan seperti tabung hidrolis kok. Mosok cuma bentuk disk brake yang agak unik sudah seperti sistem abs? mungkin itu pertanyaan dulur-dulur sekalian. Deka tidak akan mendebat itu semua, deka hanya ingin membahas fungsi dari bentuk disk brake yang tidak rata di sisi pinggir tersebut, terlepas dari statmen dari laskar suzuki.

abs KW
abs KW

Melihat bentuk shape sisi luar disk brake satria yang punya tonjolan ke luar secara simetris tersebut, jelas membuat luas bidang cengkeram brake pad ( kampas rem ) dengan disk brake berbeda. yang punya tonjolan ke luar mempunyai luas permukaan gesek yang lebih besar. Fungsi rem cakram berdasarkan daya gesek antara brake pad dan disk brake. makin luas daya geseknya, maka daya penurunan lajunya makin kuat. Jika roda berputar dengan kecepatan tinggi, maka efek gesek disk pad ke disk brake saat rem ditekan akan seperti berdenyut, kuat-sedang-kuat-sedang-kuat-sedang  dst……….

disk brake belakang satria fu
disk brake belakang satria fu

Mungkin kalau dibilang mirip fungsi abs paket hemat masih dianggap lebay, maka deka sebut fungsi bentuk disk brake ini sedikit mengurangi resiko rem terkunci dibandingkan disk brake yang shape pinggirnya rata ( lingkaran utuh ). Anggap saja bahan baku disk brake sama, jenis kampas rem sama, maka resiko disk brake-nya satria punya resiko mengunci lebih kecil dibandingkan disk yang rata……

Bagaimanapun, ini hanya logika deka, jika ada dulur yang emang ekspert dibidang pergesekan ( bukan esek-esek lho ya 😀 ), silahkan direvisi opini deka jika salah…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil