Foto Ini Akan Membuat Penjual Oli Motor Ortodox Melongo

suzuki

Yola dulur yang budiman….. bicara pemakaian oli diesel atau HDEO di motor kopling basah memang memancing perdebatan. Kalau deka ikuti di berbagai forum, jelas pihak bengkel resmi, khususnya ngoahaem menentang keras oli yang bukan peruntukannya untuk motor, boro-boro oli diesel, oli mobil,  merk lain saja tidak direkomedasikan….. hanya dan hanya oli rekomendasi pabrik. Di pihak lain, khususnya para penjual oli motor juga mengamini, motor ya pakai oli motor…… Namun foto berikut ini akan membuat para penjual oli motor, khususnya yang ortodox akan melongo.

sipiter dan oli diesel
sipiter dan oli diesel

Ya…. para ortodox tersebut selalu menakut-nakuti kalau memakai oli non motor, apalagi oli diesel dimotor banyak efek buruknya. Mulai dari kerja mesin jadi berat karena oli lebih kental ( sae 15-40 kental? oli motor shell ax5 saja 15-40 lho, enduro 20-40 lho..) bikin seker jebol, blok mesin bisa baret, mesin berkarat karena kadar detergent oli diesel sangat tinggi. Atau bahkan ada yang cuma membabi buta….. oli diesel, hdeo dipakai di motor itu NONSENSE !!!!!

Deka sendiri sebagai pemakai oli hdeo, oli diesel di jupiter mx selama lebih dari 6 bulan dan merasakan 2 merk oli diesel yang berbeda, bukan semata-mata cuma ikut-ikutan. Sebelum berubah haluan ikut anggota grup sesat, deka mempelajari dulu latar belakang pembuatan oli, tetek bengek kandungan oli, maksud dari penggolongan API, SAE, jenis bahan baku oli, jenis penggerak valve mesin flat tape, roller tape, de el el. sampai pada suatu titik, deka bilang : Yes… its very logic, its come to my sense…..Oli diesel bisa di pakai di motor kopling basah.

Soal kekhawatiran-kekhawatiran side effect negatif yang ditimbulkan deka sudah siap ambil resiko. Ya…. karena setelah mempelajari lebih dalam tentang ilmu perlendiran motor ini, deka yakin resikonya sangat kecil 😀 . Akhirnya per juni 2015 kemarin deka mulai pakai oli hdeo di sipiter, waktu itu memakai PFD atau pertamina fastron diesel, kemudian dilanjut dengan Mobil delvac MX. Sekarang jarak tempuh sudah 5000an km, selama 6 bulan lebih. Dan sipiter masih oke-oke saja……bahkan jauh lebih enak dikendarai.

blok mesin vixion pakai hdeo 2 tahun
blok mesin vixion pakai hdeo 2 tahun

Mungkin kalau deka sebatas bercerita, maka akan dianggap retorika belaka, nggedabrus, ngoyoworo. Kebetulan kali ini deka mendapatkan foto dari Bro Dwiki S di forum Long Drain Interval Community. Doi meng-upload sebuah blok mesin Vixion yang pengen ganti ring piston dari 1PA ke 3C1 . Motor tersebut sudah biasa dicekoki dengan oli HDEO PFD selama 2 tahun. Blok masih sangat kinclong bak cermin.

Semua anggapan tabu soal pemakaian oli diesel di motor menjadi gugur dengan sendirinya. Ruang bakar dan set piston rusak gara-gara oli diesel tidak terbukti. Para ortodoxer bakalan melongo kalau melihat foto diatas. So…. masih beranggapan oli diesel di motor kopling basah merusak mesin?? think again dah…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum