Fitur Inner Beauty GSXR125 Akan Terpasang Di GSXR-150?

suzuki

fb_img_1475558291496

Yola  yang budiman….dari obrolan dengan rekan deka yang ngakunya orang dalem suzuki soal suzuki bandit yang gagal dan diganti dengan GSX-S, ternyata menyisakan obrolan menarik tentang GSXR-150. Tentu ini berhubungan dengan GSXR-125 yang barusan dikenalkan di eropa sono. Apa itu? Fitur inner beauty dari gsxr-125.

Yang dimaksud dengan fitur inner beauty adalah fitur menarik tapi sekilas tak nampak mata, kurang menonjol dari visual luar, tapi punya daya tarik fungsi.

Yang pertama adalah soal performa, gsxr-125 boleh jadi secara desain kurang fotogenit. Desain bodi masih nampak reguler, ordinary, umum seperti arm kotak tahu bukan banana arm atau unsimetric arm, dan suspensi depan teleskopik non upside down, lampu belakang juga masih bohlam. Sektor-sektor yang sangat mencolok mata untuk menunjukkan keelokan desain. Tapi bicara spek mesin?

gsx-r125-r150-8-copy

Fitur yang dibenamkan di gsxr-125 cenderung tidak mencolok mata, sebut saja performance yang menohok rival-rivalnya, atau fitur keyless with immobilizer stop contact. Juga kualitas rem bybre plus abs nya. Kemudian smart start sistem, serta setang underyok.  Semua tidak bisa dikenali secara sekilas, kudu dipelototin baru akan ngeh.

gulf oil

Pertanyaannya apakah semua fitur itu akan dibenamkan ke GSXR150? Dari rekan deka tersebut, diperoleh gossip kalok fitur gsxr150 nggak akan jauh beda dengan versi eropanya. Pembeda hanya di volume kubikasi doang, dimana regulasi eropa untuk sim learner atau sim pemula kubikasi dibatasi sampai 125 cc. Jadi di eropa motor 150 dianggap nanggung, karena diatasnya sudah ada kelas jenjang berikutnya mulai dari 250/300cc.

Jadi gsxr150 adalah versi asianya gsxr-125, dimana kasusnya kebalik. Disini kelas motor laki 125 cc dianggap nanggung, nambah dikit dapat 150. Jadi tidak salah jika semua fitur di gsxr-125 akan ditemplokin ke gsxr150. Lagian kalau merubah fitur, jelas akan nambahin kerjaan saja. Mending pembedanya hanya di instalasi mesin tok, yang lainnya sama, jadi perakitan lebih efisien katanya.

gsx-r125-r150-4-copy

Namun bisa jadi ngga semua fitur gsxr-125 tersebut dipasang, seperti reflektor mata kucing yang wajib di eropa, tapi nggak disini. Juga fitur rem ABS bisa dicabut untuk menekan harga serta menjadi opsional. Selebihnya hampir sama…..termasuk smart start sistem dan immobilizernya.

Suzuki kembali ke khittah awal… Memprioritaskan speed dan durability. Sedangkan desain dan fitur peningkat kegantengan sedikit dikorbankan untuk menekan biaya produksi. Faktor performa dan durability tentu memakan cost tersendiri, jadi faktor peningkat kegantengan dikorbankan. Jadilah itu fitur-fitur tersebut disebut inner beauty.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum