First Respon R15 Joss…Berikutnya K45 (Mungkin) Bisa Bikin Beda

r15
suzuki

Yola dulur….. saga YZF R15 hampir menyentuh babak akhir dengan keluarnya efek wow, yaitu bandrol resmi motor tersebut.

r15 daleman

Dengan respon calon pembeli yang saia anggap luar biasa sampai server kelimpungan menampung jumlah pengakses menjadi sebuah capaian yang memuaskan buat YIMM. Baru delapan jam sudah menabung 600 indener membuat ane ngowoh bin ngomplong…. begitu mudahnya menjual motor seharga 28 jutaan. Ini bisa jadi menjadi indikasi yang bagus untuk bekal jualan nanti, tinggal diteruskan dengan strategi lanjutan yang pas untuk mendongkrak jumlah penjualan.

r15 lady

Namun perjalanan R15 sebagai serdadu jualan masih panjang, masih banyak faktor yang akan ditemui. Dan yang jelas kumpeni lain tidak akan tinggal diam, ini segmen pasar lumayan gemuk, bisa mengail keuntungan yang besar. Untuk sementara waktu its ok lah R15 nyaman karena belum ada pesaing yang bermain di kelas sama, full fairing 150cc lokal. Kesuksesan awal ini menurut opini ane masih agak semu. Bisa beda cerita jika kumpeni yang lain mengeluarkan produk sekelas dengan range harga sama. Bisa jadi langsung tergerus tuh konsumen R15.

Yang paling mengancam adalah bagaimana move AHM dengan proyek K45 nya, yang dirumorkan akan dipasang di range harga yang sama. Ane pribadi ndak begitu heran dengan move-nya Honda, dari dulu cara mainnya hampi-hampir mirip kalau boleh dibilang hampir sama. yaitu menunggu pergerakan yamaha, kemudian mengamati respons potensial buyer, kemudian mbrojolin produk yang sekelas dengan spek yang lebih dibanding motor incerannya. Ditambah denga brand image yang begitu superior, Honda dengan K45 punya kesempatan besar menggoyang bahkan menyalip pencapaian R15.

gulf oil
pinjeman dari om joe motoblast
pinjeman dari om joe motoblast

K45 akan sukses jika AHM minimal tidak mengulangi kesalahan seperti pada produk CBSF-nya (maaf untuk owner motor tersebut). Motor yang digadang-gadang sebagai vixion killer dalam waktu sesingkat-singkatnya itu sampai hampir 2 tahun ini gagal menjalankan tugasnya. Hal ini disebabkan oleh salah satunya banyak sekali isu-isu negatif yang menghujam motor CBSF tersebut. Entah karena AHM terburu-buru meloncing cbsf atau karena AHM pengen ngambil margin terlalu besar, ane kaga tahu pasti.

(cbr300)
(cbr300)

Sekarang keuntungan ada di tangan AHM dengan K45-nya karena masih bisa memantau dan mengupdate, meng-upgrade K45 menjadi motor full fairing yang ganteng, spek mumpuni, dan kualitas yang lebih baik. Kalau AHM ndak mau pasang harga dibawah produk yamaha (kapan?? 😀 ) tempel ketatlah harga R15. Dan sekali lagi jangan ulangi soal isu-isu negatif yang mendera seperti kasus CBSF kemaren. Kesempatan K45 masih terbuka lebar. Ibarat kata… apa sih yang ngga bisa dilakuin ama Honda???

Bonus… Yes…. Changes

Semoga bermanfaat

Wassalmualaikum