FC New Mega Pro 61 km/liter Ngga Boong Tapi….

(honda nmp)
suzuki
(honda nmp)
(honda nmp)

Yola dulu, kadang kita meragukan klaim performance, atau keiiritan suatu motor yang diulas oleh media baik cetak maupun online. Hal ini dikarenakan begitu kuatnya kepentingan kumpeni akan publikasi ini, sehingga dikhawatirkan ada hal “non tehnis” yang ikut terlibat. Jadi keraguan dari sebagian dari membuat ane adalah hal yang dimaklumi, memang diperlukan “kecerdasan”  dalam mensikapi suatu publikasi yang mengulas performa atau klaim keiiritan suatu motor.

Nah kali ini saia mau mengulas singkat tentang keiritan honda NMP karbu. Dari ulasan media Tempo 2010 lalu kita peroleh kabar kalau konsumsi bbmNMP adalah 61an km/ liter. Nih copasannya

JAKARTA, KOMPAS.com — Touring Jelajah-Jawa berjarak 1.383 kilometer dengan Honda New Mega Pro berhasil mengukir konsumsi bahan bakar teririt 61,52 km per liter. Hasil itu diraih ketika motor dijalankan melalui rute pada etape terakhir dari Sragen menuju Gempol dengan jarak 450 km.

Kalau yang sudah punya tu motor pasti bisa memberikan testimoninya. Tapi kali ini saya akan mengangkat testimoni seorang pemakai honda Unicorn dazzle di India sono, dan dia adalah FBH tulen….. 😀 …… loh dia mengakuinya kok. Kenapa dazzler??? ya karena itu motor identik sekali dengan NMP dimarih.

(unicorn dazzler)
(unicorn dazzler)

Menurut FBH from Indihe ini, dia membeli motor ini  maret 2013 lalu dan dipakai untuk aktivitas sehari-harinya. Nah satu tahun pemakaian ini dia memberikan testimoni performa, handling, dan FCR (Fuell consumption Rate) tentang kuda besinya. Tapi saia hanya fokus pada perolehan fcr nya saja, dan  dia memperoleh fcr teririt 59,5 km/liter serta terboros di 49,8 km/liter dimana style ridingnya dengan kecepatan antara 45 sampai 70 km/jam.

(fbh from india)
(fbh from india)

The maximum mileage I got was 59.5 KMPL and the minimum was 49.8 KMPL. Overall, I bet that this is the most fuel-efficient bike in its class. I drive at speeds ranging from 45 KMs to 70 KMs most of the time.

Nah kayanya ini menggambarkan pengendaraan umum harian dimarih dah. Hasil yang dia testimonikan ternyata sesuai dengan perolehan Media Kompas saat turing Nusantara. Jadi kemungkinan besar memang konsumsi bbm si NMP dikisaran 60an km/liter. Cucok dah….. ngga boong 🙂 .

Tapi….. hasil konsumsi bbm New Mega Pro ini adalah versi karbunya, sedangkan versi injeksinya saia peroleh data media kompas 28 januari 2014 sebesar ini

Dengan diaplikasikannya teknologi PGM-FI, New Honda MegaPro FI mampu mencapai konsumsi bahan bakar 46,2 km/liter (metode ECE-R40) atau lebih irit 10% dari versi sebelumnya.

Lho…lho..lho… lha kok iritan yang versi karbunya? katanya yang versi injeksi lebih irit 10% dibanding versi sebelumnya….. Katanya injeksi lebih irit dibanding karbu…. Apakah ini karena saia yang bodoh ngga bisa menganalisa berita atau apa…..

Menurut anda sekalian yang bener yang mana nih…..silahkan dishare aja…

Mana berita yang benar? THINK AGAIN…..

Wasslamualaikum

gulf oil