Fakta-Fakta Yang Mungkin Anda Tidak Tahu Tentang Suzuki GSX-R1000 2017

suzuki

Yola dulur yang budiman….semua aspek fitur dan performa suzuki GSX-R1000 mungkin kita sudah tahu semua. Seperti kebiasaan suzuki, dalam merefresh motor mereka, umumnya lama antar generasi.  tapi begitu versi terbaru muncul, lompatannya begitu jauh. Pun demikian dengan gsx-r1000 ini. Piranti yang tersemat versi 2017 membuat versi sebelumnya nampak jadul banget. Kita tidak akan bicara upgrade seperti apa, sudah kita bahas tempo jauh hari. kita obrolin beberapa fakta yang mungkin anda tidak tahu dari motor sport fairing 1 liter suzuki ini.

  • Shinichi Sahara

Tidak banyak yang mengenal tokoh satu ini. Dia adalah Chief enginering dari GSX-R1000, mantan pembalap suzuki. Doi mengerjakan proyek di alstare suzuki world superbike. Kemudian juga terlibat di team motogp suzuki. Dialah yang mengembangkan variable valve timing sistemnya suzuki yang unik itu…tanpa aktuator, elektronik, atau tekanan oli. Kemudian perangkat unik ini disematkan di gsx-r1000 terbaru.

  • Motor team Yoshimura Suzuki itu GSX-R1000 bukan RR

Lho? emang beda to? ya beda….. gsxr1000 itu spek standar, sedangkan gsxr1000r itu spek racing performance seperti suspensi showa Balance Free Fork (BFF) technology, ecu racing, bi-directional quickshifter. Yoshimura suzuki yang turun di Moto American menggunakan versi standar…. gsxr1000.

  • Ada 3 Versi GSX-R1000

Kita tahunya gsx-r1000 itu hanya 2 versi, yaitu gsx-r1000 dan gsx-r1000 r yang keduanya sama-sama mempunyai rem ABS. Namun karena biker amerika banyak yang tidak suka rem ABS, maka dibuatlah versi ketiga, yaitu gsx-r1000 tanpa rem ABS. Sedangkan gsx-r1000r sama persis dengan versi eropa, yaitu hanya 1 tipe, rem ABS.

  • Mesin lebih slim

Dalam mendesain all-new engine untuk GSX-R terbaru, Suzuki tidak hanya membuatnya lebih kompak, tapi juga membuat sudut mesin lebih kecil lima derajat dibanding pendahulunya. Hal ini memungkinkan untuk swingarm lebih panjang, yang membantu memberikan stabilitas yang lebih besar, terutama di sektor akselerasi.

  • Lebih menghasilkan power

Kini GSX-R versi 2017 telah dilengkapi dengan IMU dan piranti kemudahan untuk ridernya, serta elektronik yang terkait, motor ini membutuhkan prosesor yang lebih cerdas dan lebih cepat. Suzuki menyelesaikan hal ini dengan prosesor dual core 32-bit, memberikan daya komputasi dua kali lebih banyak dari pada motor sebelumnya.

  • Ride by wire yang unik

Kontrol ride by wire-nya gsx-r1000 ini memang unik daripada yang lain. Sekilas nampak sebagai throttle system yang konvensional, menggunakan kabel kawat. Padahal aslinya perangkat elektronik RBW berada di bawah tangki bahan bakar. Penggunaan kabel kawat ini bertujuan seperti placebo, agar respon narik gas rider nampak alami seperti throttle konvensional.

  • Sportbike masih punya posisi penting

Secara umum kelas sport bukanlah segmen pasar yang lebar nan gurih. Lebih menguntungkan jualan motor kommuter seperti metik. Namun bagi suzuki, segmen pasar sport mereka mencapai 26% dari pasar total motor suzuki. Makanya Suzuki nampak royal terhadap gsx-r1000. Bahkan gsx-r1000 merupakan representasi langsung merk suzuki….. karya adi luhungnya suzuki…..makanya pembuatannya tidak main-main….. suzuki is gixxer….

 

Semoga bermanfaat

wassalamualaikum

 

gulf oil