Efek Pemasangan Water Inject, Kabel Sesat, Dan Ferrit Pada Warna Busi

suzuki

Yola dulur yang budiman… Motor suzuki gsxr150 milik ngademin yang dinamai gipsy danger sudah banyak terpasang racun alias modifan sparepart tambahan. Tak kurang dari filter udara racing, water inject, batang ferrit, kabel sesat, serta busi burgman 200. Mari kita bahas efek pada warna busi.

Memang paling sahih adalah pengukuran melakui alat dinamometer, ketahuan seberapa peningkatan performa, karakter torsi dan powernya. Namun berhubung ini sebatas hobi dan obat penasaran, tidak tertarik untuk melakukan uji dyno tersebut. Hanya mengandalkan feel. Kebetulan semua modif racun tersebut bersumber ke ruang bakar yang bisa dibaca dari warna busi.

Untuk mengetahui apa itu racun-racun yang ngademin pasang, silahkan tengok artikel-artikel dibawah ini biar tidak mengulang dalam menerangkan.

Nah… Ketika ngademin mengganti busi si gipsy danger, sekalian mengamati warna busi bekas yang sudah dipakai selama 7000 km. Dan hasilnya seperti foto di bawah ini.

gulf oil
Busi bekas gsx150

Kurang jelas? Mari kita lihat dari sisi lain

Buei bekas gsx150

Busi diatas 3elektroda bwrwarna merah bata, kering. Bukan putih atau hitam basah. Ini menandakan pengapian ideal. Bisa disimpulkan semua modifikasi masih bisa ditolelir oleh mesin gsxr150 dalam hal pembakaran mesin. Yang membuat ngademin puas, karena cara ngademin sesatnya kebangetan : memasukkan air ke dalam ruang bakar, bbm pertalite + spark+ oli samping .

Kekhawatiran kerak atau kegagalan pengapian sejauh ini belum muncul. Dan harapannya sih, sampai kedepan juga tak muncul.

Demikian pengamatan pemasangan berbagai macam racun dilihat dari warna busi.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum