Edan Memang Suzuki Bikin Address, Servis 200.000 Km Dan Biayanya

suzuki

Yola dulur yang budiman….anda boleh saja mencibir omongan penggemar motor suzuki bahwa motor mereka biaya perawatan lebih murah dan mesinnya bandel. itu seperti berlawanan dengan image umum bahwa motor suzuki itu gampang overheat, sparepart mahal dan kualitas sama saja dengan merk lain. Edan memang suzuki saat bikin metik address, kita lihat kondisinya saat servis 200.000 km dan berapa biayanya.

Ngadimin mau menunjukkan kondisi serta biaya perawatan sebuah metik suzuki, namun sampai saat ini belum mendapatkan data. Jika parameternya si siwi skywave ngadimin, itu bukan menjadi parameter, karena dari awal beli dulu sering buat kebut-kebutan dan perawatannya jorok. Meskipun begitu baru turun mesin saat odo muter 2 kali+20.000 km alias 220.000.

Sampai pada akhirnya masbro ikhsan jumaris memposting kondisi seekor suzuki address milik kliennya, yang kebetulan ngadimin juga kenal lumayan akrab, mbah tembo alias agus suprianto,  juragan ojeg online yang garang mencari orderan. kemanapun orderan dia ambil, jauh deket tidak peduli. Makanya motor suzuki address miliknya sebagai senjata ngobyek yang baru berumur 2 tahun beberapa bulan, odometer sudah muter dua kali alias 200.000 km.

 

Setelah dibedah bagian crankcase kiri, sektor cvt…. Woillaaaa…. nampak jorok neehhh….daleman penuh dengan sludge bekas oli dan kotoran. Dari pengakuan mbah tembo, ini pertama kalinya si address servis besar. Emang gendeng mbah tembo dalam memperkosa metik satu ini.

Terus apa sparepart yang diganti dalam kondisi motor seperti, dan jarak tempuh 200.000 km? Bro ikhsan memberikan catatan apa saja yang diganti. Silahkan lihat screen capture diatas. Kalau tidak salah ada 12 item sparepart dan diganti, dengan harga termahal adalah vanbelt dan kampas ganda yang masing-masing seharga 115.000 rupiah.

Berapa total jendral servis besar tersebut? Setealh dikalkulasi, harga sparepart yang diganti adalah sebesar kurang lebih 672.000 rupiah diluar ongkos servis…. Murah atau mahal sparepart suzuki address? awet atau ngga mesin suzuki address? silahkan nilai sendiri angka-angka dan bukti-bukti diatas.

Dan jika dilihat sparepart yang diganti, sektor ruang bakar seperti conrod, seker, ring, klep, keteng, tensioner belum diganti lho….. Hanya sektor power delivery alias CVT dan kampas kopling, yan notabene memang ada masanya untuk diganti.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil