Dua Calon Motor Baru Suzuki, Dual Purpose 150 Dan Skutik 200 CC

suzuki

Yola dulur yang budiman…. sejatinya untuk info motor dual purpose suzuki sudah ngadimin buatkan artikelnya dan publish, namun karena suatu hal, artikel dalam kurun waktu seminggu hilang karena belum dibackup. Nah kini kita ngegossip dua calon motor baru suzuki tersebut. yang pertama adalah dual purpose/ trail 150 cc, dan yang satunya adalah supermetik 200 cc.

Info ini kadar kesahihannya lumayan tinggi, karena didapat langsung dari tetua tukang pel pabrikan suzuki. Kedua motor tersebut telah di-ACC oleh prinsipal jepang di hamamatsu sana. Bagi pemerhati motor suzuki, tentu tahu betul, bahwa untuk mengajukan motor baru yang akan dijual di Indonesia itu sangat sulit diACC oleh pihak hamamatsu. Jika proposal motor baru yang akan diproduksi telah disetujui oleh suzuki jepang, kemungkinan besar akan diproduksi di sini.

Jika sebelumnya kita dihembusi angin rumor sepoy-sepoy tentang supermetik suzuki dengan kubikasi 180, maka kini sang tetua bilang, ” Ada kabar bagus masbro…..Hamamatsu telah menyetujui motor baru kita, dual purpose 150 dan metik 200 cc“. Nah…. sudah mulai nampak hilal sang supermetik suzuki. Entah berkubikasi 200 cc, atau mendekati itu, sehingga digolongkan sebagai metik 200 cc.

Namun jika benar 200cc, maka tidak sulit bagi suzuki untuk memproduksinya, mesinnya ada, desainnya ada, dan metiknya juga ada yang dijual sekarang…. Burgman200.  Nah jika beliau bilang metik 200 cc ini, ngadimin malah tambah yakin, kenapa? karena basis metiknya sendiri ada saat ini, burgman 200. Bagaimana dengan burgman street India kemarin? Beliau kembali menegaskan, ” Kita tidak akan membawa desain India, selama mindset publik kita tidak suka dengan desain india.”  Nah…… klop sekali dengan info proyek supermetik suzuki kemarin.

ilustrasi

Sebelumnya kan kita mendapat rumor supermetik suzuki yang sementara disebut burgman180. Dengan info penting ini, sangat masuk akal jika nantinya malah burgman 200 yang akan dilokalkan dan dijual di marih sebagai pengisi market skutik level medium seperti PCX dan N-Max. Kenapa kok bukan burgman 220 versi sekarang? Karena statusnya yang masih impor atau CBU, tentu tidak ekonomis dari sisi harga. Jika dilokalkan, target harganya adalah tidak lebih dari 28 juta rupiah.

 Soal bandrol harga ini bukan info resmi, hanya menerjemahkan perkataan beliau. ” Yah… kita lihat kedepan harganya, yang jelas jika bermain di pasar yang sama, kita tetap akan memberikan harga terendah…. N-Max? PCX150? Kita dibawah itulah…. Doain saja ya masbro”.

So….. bagi yang menantikan sebuah supermetik atau medium skutik kelas 150 cc keatas, jangan buru-buru menjatuhkan pilihan dulu. Jika bicara suzuki burgman 200…… ehm….. jangan bandingin ama metik 150 cc ya….. burgman itu seperti sofa berjalan….. naik burgman serasa naik awan kintoun…..  :mrgreen: .

Kapan perilisannya? jika meneropong proyek supermetik suzuki yang sudah berjalan dan tertunda karena proyek bandit 150, maka supermetik suzuki diproyeksikan tahun ini sudah ada pengenalan…. semester dua 2018 lah…. bisa jadi malah kuartal akhir.

Senoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil