Downgrade Sepele YIMM, Mencoreng Muka Sendiri

suzuki

ring-piston-vixion.jpg

Yola dulur yang budiman…. sebenarnya ini adalah kasus yang sudah sangat lama kejadiannya. Namun deka angkat lagi untuk refleksi diri pihak YIMM atau pabrikan yamaha. Anda pasti sudah tahu kasus vixion ngebul kan? Nah… dari pengamatan deka, itu disebabkan karena yamaha melakukan sedikit downgrade, atau downgrade sepele. Namun imbasnya ternyata berkepanjangan dan mencoreng muka produk yamaha itu sendiri.

Kasus awalanya terjadi saat yamaha meluncurkan gen vixion ke-3, yaitu new vixion advance. Meskipun sama-sama menggunakan mesin minarelli-nya old vixion, namun ada perubahan kode mesin, dari awalnya 3CI menjadi 1 PA. Dengan onderdil dan crankcase mesin sama namun kode berbeda, tentu publik bertanya-tanya…ada apa?  Dan kasus ngebul berjamaah di mesin 1 PA menjadi jawabannya.

Mesin 1PA nggak cuma ngebul, atau mengeluarkan asap dari knalpot yang tidak jamak terjadi di mesin 4 tak, namun juga haus akan oli mesin. Sebenarnya itu adalah korelasi yang erat kaitannya. Oli yang ikut terbakar di ruang bakar menghasilkan asap di knalpot. Karena oli mesin ikutan terbakar, otomatis volumenya lambat laun akan berkurang. Bahkan di salah satu fanpage perlendiran, mesin 1PA terkenal sebagai mesin vampire oli XD .

Sebenarnya juga, mengatasi hal tersebut juga sangat mudah. Karena biang kerok ikut terbakarnya oli mesin tersebut disebabkan oleh ring piston 1PA, sehingga oli nyeloning ke ruang bakar. Tinggal diganti pakai ring piston old vixion, 3CI, banyak masalah yang kelar. Namun pihak yamaha membuat blunder konyol dengan menyebut mesin ngebul di rpm 8000 itu normal… Yimm sepertinya khilap ( atau malah kudet? ) kalau publik motor sekarang banyak yang kritis, ngga bisa diakal-akalin seperti itu. Jelas part kode 1PA ada masalah dibandingkan 3 CI.

piston-ring-set-standar-ori-3c1-e1603-00-kebumen-kab.jpg

Kondisi konyol inilah yang dimanfaatkan pendukung kompetitor untuk menjatuhkan nama vixion, yamaha pada umumnya. Hanya karena downgrade sepele sekali, yaitu sebuah ring piston yang berharga ngga seberapa. Nama yamaha dibombardir dengan bully-an, dan itu entah berefek banyak atau sedikit, jelas mempengaruhi mindset publik. Bagi fans yamaha, tentu tinggal ganti part 3ci, dan kemudian enjoy menikmati vixion. Namun bagi swing voter, publim awam, preseden ini tentu menjadi ganjalan tersendiri.

Mesin minarelli selama ini terkenal dengan keiritan dan kebandelannya, relatif reliable dan gampang perawatan. Dengan gejala patognomonik seperti ngebul tentu menjadi aib tersendiri. Vampire oli juga menjadikan pemilik was-was kehabisan oli saat nggak rajin cek oli, dan itu berefek fatal.

Dari pengalaman itu, seyogyanya pihak yimm tidak mengulangi preseden tersebut. Jangan pernah bermain- main dengan kualitas, walau hanya part sepele. Sebenarnya kasus ini bukan yang pertama, dulu suzuki juga sudah kena batunya ( bahkan karangnya) di kasus bodi smash basuki. Lebih baik mempertahankan kualitas dan sedikit menaikkan harga daripada downgrade.

Disini, produk bagus saja bisa digiring menjadi produk yang nampak buruk. Apalagi menunjukkan gejala nampak mata yang berkesan buruk…. Habis sudah… Dan membutuhkan effort berlipat-lipat untuk ngembalikan nama baik.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum