Distribusi Suzuki Nex II Bulan Pertama Sesuai Target….Silahkan Tertawa, Suzuki Memang Beda

suzuki

Yola dulur yang Budiman… dapat informasi pendistribusian versi AISI untuk Suzuki nex II untuk bulan Mei 2018. Buat yang melihat dengan acuan AHM atau Yamaha, mungkin anda akan tertawa, namun begitulah….. Suzuki itu memang beda. Ternyata jumlahnya sesuai target mereka.

Ya… Anda mungkin akan tertawa ketika melihat jumlah pendistribusian sebesar 3333 unit sebulan di kelas metik entry level. Sangat kecil dibandingkan Honda beat atau Yamaha Mio…kok dikatakan sesuai target? Boro-boro masuk target yang memang kecil yaitu 5000 unit per bulan… Angka 3333 unit bagai upil dibandingkan 225 ribunya Honda beat.

Membaca angka Suzuki, kita ngadimin selalu melihat dari sudut pandang orang SIS sendiri. Karena mereka mempunyai strategi sendiri, pola pikir sendiri. Orang-orang SIS itu paling tahan ditertawai pihak luar selama apa yang mereka rencanakan terlaksana. Jika pihak luar tertawa dengan angka 3333, mereka justru bilang sudah sesuai target untuk bulan Mei.

Padahal sampai tanggal 9 Juni 2018, Suzuki Nex II yang sudah didistribusikan sebanyak 4200 an unit. Atau hampir 900 unit tabungan di awal bulan Juni. Dan di bulan Juni pun, target 5000 juga belum Suzuki raih…. Mereka menghitung kekuatan produksi di bulan Juni berkurang jauh karena adanya cuti bersama lebaran.

Memang aneh kalau dilihat secara strategi marketing. Disaat pabrikan lain mengejar angka distribusi di 3 bulan pertama setinggi-tingginya, Suzuki malah santai Joy di triwulan pertama. Suzuki nampak tidak berstrategi, namun itulah strategi mereka…. Penyesuaian kekuatan produksi dengan penyerapan pasar di Diler. Lebih baik inden daripada overload tersimpan di Diler.

Untuk Suzuki NexII, sejauh pengamatan Ngadimin di diler-diler suzuki pun masih belum lengkap secara line up. Ada lima varian dengan berbagai macam warna, namun yang di Diler masih beberapa unit saja yang tersedia. Jika menginginkan varian dan warna yang diinginkan perlu menunggu beberapa saat untuk saat ini karena produksi Suzuki Nex II belum maksimal. Paling anda bisa memilih warna kemudian melengkapi sendiri dengan membeli secara terpisah pelengkap asesorisnya sebagai pembeda antara varian.

Ya begitulah Suzuki saat ini… Enggan berkompetisi dengan merk motor lain secara strategi jualan. Suzuki lebih memilih berkompetisi memberikan produk yang lebih memuaskan ke konsumen. Bukan adu tanding angka AISI… Suzuki memilih memberikan fondasi penjualan dulu, menghidupkan diler-diler yang loyal dan mau diajak kerjasama dan tentunya kepuasan bagi penggemar motor berkualitas tentunya.

So… Slow but sure…. Walking on your own path saja Suzuki…. Justru itu yang Ngadimin suka…fokus dulu ke internal dan kepuasan konsumen…. numbers just only numbers…. yang penting semua lini dari pabrik sampai konsumen merasa puas dan senang.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

gulf oil