Di Lain Sisi, Karburator Dan Oil Cooled Adalah Langkah Logis TVS Apache 200

suzuki
tvs apache 200 4v emblem
tvs apache 200 4v emblem

Yola dulur yang budiman…. kalau di artikel sebelumnya deka lebih ke segi sinister atau pesimis akan kelahiran TVS Apache ( bukan berarti bece lho ya ), kali ini deka akan mengangkat sisi logis dengan spek mesin TVS apache 200 yang sedikit banyak sudah ada sentuhan dari BMW tersebut. Bagi yang belum baca, silahkan cek di artikel ini

Menanti Selubung Kekhawatiran TVS

Ya… dengan spek mesin “cuma” mengandalkan karburator dan oil cooler, maka di mata publik motor negeri ini, akan menganggap tehnologi motor ini jadul. Walaupun untuk ukuran biker negara yang sudah mapan tidak lagi mempermasalahkan radiator atau air cooled karena sudah menilai motor dari kegunaannya. Namun fakta bahwa publik motor negeri ini menganggap mesin dengan liquid cooled dan injeksi lebih advance dibandingkan spek TVS apache 200 sekarang.

Padahal bukan hal yang susah bagi TVS untuk membuat mesin dengan spek injeksi dan liquid cooled. Sekarang sudah ada BMW dibalik TVS yang siap disedot tehnologinya. Ini semua faktor tehnis dan non tehnis akan keberadaan TVS di marih sekarang. Coba dulur sekarang lihat kapasitas TVS di dunia permotoran di negeri ini. Hanya sekelas medioker yang dilernya nggak lebih dari 2 didit di seantero negeri.

tvs apache 200

 

TVS lebih menyasar ke publik daerah dan pinggiran dimana tekanan dari the 4 major of japan kurang. TVS tahu diri untuk menyusun pasar dan merintis brand image di pasar yang sangat galak ini. Dengan kondisi seperti itu, TVS dimata deka tidak ingin membuat konsumennya ribet dan kebingungan soal aftersales. Di sini berarti bicara spare part, servis, dan pelayanan.

Jika menggunakan mesin injeksi, maka maintenance akan sedikit menyeramkan, karena setting ecu, tetek bengek elektronik digital hanya diler atau bengkel resmi yang bisa menangani. Dengan keberadaan diler serta bengkel resmi yang minim, maka versi karburator lebih safe bagi pengguna TVS apache. Ibaratnya bengkel pinggir jalan saja bisa untuk servis karburator dan membersihkan saluran udara+bbm.

Lha kenapa nggak pakai liqiud cooled, malah pakai oil cooled ?? Well… sama saja, alasan reliabilitas… dengan oil cooled nggak perlu maintenance khusus seperti radiator. Dengan  oil cooled, bongkar mesin juga tidak seribet pakai radiator. Intinya, TVS ingin memberikan motor yang cukup simple dalam perawatan, khususnya mesin.

Dan percaya atau tidak, TVS akan memberikan mesin yang buaannnndeelllllll….. lagi-lagi biar lebih reliable, nggak banyak keluhan yang merepotkan diler atau bengkel resmi. Ibarat kata, tinggal pancal dan pakai……

Semoga bermanfaat

Wassalmualaikum

 

 

gulf oil

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*