Desain!!! Kunci Penetrasi Suzuki NexII

suzuki

Yola dulur yang budiman… Ada hal menarik dari obrolan dengan tukang ojeg pangkalan soal motor. Opini murni dari orang awam yang melihat motor sekedar moda transportasi. Kunci keberhasilan suzuki nexII dalam penetrasi pasar adalah desain!!!

Ceritanya ngademin pulang ke kampung di Cirebon. Turun dari bus di pasar Jamblang, ngademin ditawari ngojeg oleh bapak-bapak sampai ke kampung Cisaat berjarak sekitar 8 km. Kebetulan bapak tersebut memakai metik suzuki NexII… Dari odo meternya, masih kelihatan baru…. KM 3400an. Berhubung maghrib, ngademin nggak sempat memfoto motor tersebut.

Di perjalanan, ngademin pura-pura jadi kurang mengerti motor. Dan kebetulan juga, baru kali ini merasakan jadi boncenger suzuki nexII lumayan jauh…8 km, sesuai dengan habitat motor metik. Ternyata pembomceng suzuki nexII itu mirip-mirip bonceng yamaha xeon… Enak, empuk, mentul-mentul tidak menyiksa pantat.

Ngademin bertanya, ” pak… Motornya irit ngga pak?”… Pak ojeg menjawab, ” lumayan irit mas… Ini tadi saya isi premium “. Pemakai awam tentu tidak bicara angka, tapi seberapa banyak dia sering mengisi bbm. Saat ditanya pembanding dengan honda beat, dia menjawab awam juga : ngga tahu ya mas… Perasaan ya hampir-hampir sama, soalnya yang memakai sekeluarga. Tapi ini irit mas…

Kemudian saat melewati jalan bumpie di daerah kasugengan kidul ngademin bilang : wah… Empuk ya pak.. mirip bebek, metik mah ngga kaya gini…. Dia menjawab : iya… Beda ama beat kan mas…. meski sama-sama kecil, enak juga metik ini, empuk kan mas. Kemudian tanpa ditanya bapak tersebut bilang : akhir-akhir ini suzuki punya desain lumayan bagus… jadi saya beli suzuki nex ini mas. Motor lama saya semua honda. Baru kali ini ambil suzuki… Bagus juga desainnya.

gulf oil

Woillaa….. Dari semua perbincangan, ketemu juga inti percakapan, kuncinya kunci, intinya inti, sarinya sari .. 😁😁. Bukan soal teririt, bukan soal soal performa… Tapi DESAIN.

Sedangkan kenyamanan, kualitas, keiritan, atau sektor rasa itu adalah faktor yang meyakinkan bahwa apa yang mereka pilih tidak salah. Namun kunci untuk niatan membeli adalah soal desain dulu. Setelah memakai baru premis-premis pendukung muncul. Premis bahwa dia tidak salah pilih… Apa yang dia beli sesuai dengan ekpektasi mereka. Meskipun premis tambahan, namun sektor ini yang membuat pembeli motor percaya… Yakin dan akan ditularkan ke orang lain.

Namun ibarat kata, peniup peluit untuk beli adalah soal desain. Disinilah fungsi utama desain sesuai selera pasar. Sebagai wistle blower… Sedangkan faktor rasa adalah faktor penguat kepercayaan. Tidak bikin kapok beli lagi, bahkan jadi candu… Suzukiphillia, istilah ngademin.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*