Dengan Beads, Goodbye Balancing, Goodbye Tambalan Timah

suzuki

Yola dulur yang budiman….pernahkah anda melihat, mengamati, atau bahkan menemukan di motor anda, sebuah tambalan dari timah di pelek motor? Ya…itulah tambalan balancing ban, sudah biasa di ban mobil, maupun ban moge. Dan sebenarnya ban motor cc kecilpun sangat bisa ada. Namun sekarang sudah ada beads, dimana anda bisa bilang goodbye untuk balancing atau tambalan timah tersebut.

Balancing adalah mengukur dan mengkalkulasi ulang keseimbangan ban dan pelek. Entah karena pelek yang tidak imbang atau karena penggunaan ban menjadi tidak seimbang beratnya, biasanya akan dilakukan balancing. Dan hasilnya akan ada sebuah tambalan atau tempelan pemberat yang umumnya dari timah.

Timah balancer

Fungsi tambalan pemberat ini adalah agar berat keseluruhan antara ban dan pelek menjadi seimbang saat berputar. Coba saja bayangkan, kerja ban dan pelek yang berputar dengan kecepatan tinggi. Jika penyebaran berat tidak merata dan imbang tentu rasanya akan geal-geol, terasa bergetar di kemudi. Dengan melakukan balancing, hal ini bisa diminimalisir.

Kini seiring dengan berkembangnya inovasi dunia otomotif, hadir sebuah inovasi di dunia perbanan. Jika selama ini proses balancing menggunakan alat yang mahal dan hasilnya ada tambalan timah di pelek, kini hal tersebut bisa ditinggalkan. Ada sebuah produk yang menyelesaikan soal ini dan mungkin anda akan melupakan proses balancing ban.

Namanya Beads….dan tergantung merk apa yang dipakai, ada dyna beads, tire beads, dan lain-lain, intinya menggunakan beads. Beads adalah butiran bola-bola kecil terbuat dari keramik yang dimasukkan ke dalam ban kendaraan kita. Bola-bola keramik ini ukurannya sangat kecil, sehingga bisa dimasukkan melalui lubang isi angin.

Cara kerjanya melalui hukum fisika, sentrifugal. Saat beads sudah berada di dalam ban dan ban berputar, secara hukum fisika yang ajaib, beads akan menyebar dan berkumpul ke titik dimana ban tidak seimbang, mengimbangkannya, dan sisanya terus berputar mencari titik-titik lain. Beads akan terus bermigrasi dengan kecepatan mengikuti putaran ban. Bergerak terus menerus sampai ban berputar seimbang….tanpa alat dan tanpa melekatkan tambalan pemberat.

Beads

Salah satu produsennya, Dyna mengatakan penggunaan beads untuk motor antara ban depan dan belakang berbeda jumlahnya. Jika ban depan butuh 1 oz atau sekitar 28,35 gr, maka ban belakang 2oz. Sepertinya mengikuti ukuran dan volume ban ya? Makin besar, makin banyak.

Dengan penggunaan beads, maka ban akan berputar secara mulus, sehingga riding terasa lebih mulus, gesekan dengan aspal lebih merata, dan ujungnya ban akan lebih awet karena ausnya merata.

Cara kerja beads bisa dilihat selengkapnya di video dibawah ini…. Gimana? Tertarik? Ngadimin juga tertarik….kira-kira yang jual dimana ya?

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil