Dari Hot Rumor 3 Jenis Mesin NVL Ini, Mana Yang Paling Masuk Akal?

suzuki

Yola dulur…. Setelah sebelumnya berhembus tentang mesin penerus klan vixion yang bertipe DOHC, kini ada lagi rumor ganas stadium 3 dari juragan bocor madev tentang adanya 3 macam jenis mesin yang lagi dicoba buat motor sport 150 cc mereka… Weedyaannnn.

nvl modif

Ya… rumor mesin dohc buat sport 150 cc yamaha pernah ane singgung di artikel

Bersiaplah Menyambut NVL Dan R15 Dengan Mesin Baru

https://78deka.com/2014/12/21/kenapa-harus-dohc-nvl-r-15/

Apakah spek mesin dohc begitu wajib buat motor sport yamaha? Berkali-kali ane bilang sih sebenarnya ini hanya untuk jamu psikologis. Nanti dibahas lain waktu saja, kini fokus ke rumor 3 mesin yang sedang di trial. Mesin-mesin tersebut berupa
– Bore stroke sama dengan sekarang, hanya menggunakan 2 camshaft, DOHC.
– Mesin DOHC dengan kubikasi lebih besar dari 150 sampai 200 cc.
– Mesin dengan 4 klep SOHC, namun kubikasinya bengkak antara 150 sampai 200 cc.

Mari kita baca rumor tersebut. Inti dari semuanya adalah peningkatan performa mesin klan sport yamaha. Yang paling jelas terasa kenaikan performanya jelas menjadi 200 cc dohc, sama dengan mesin ktm RC 200. Hal ini tentu yang paling diharapkan karena performa jelas naik, dan punya nama dohc…. Itu yang diharapkan oleh pihak konsumen. Namun juga membawa resiko yaitu harga yang akan melambung dan akan bias dengan 250 cc monosilinder. Nambah dikit dapat 250 cc.

Kalau kubikasi tetap hanya digabti menggunakan dohc maka kenaikan performanya relatif kecil, nambah biaya produksi, namun buat jamu psikologis sudah pas. Sedangkan untuk 200 cc sohc, atau hampir sama dengan mesin pulsar 200, maka akan terjadi peningkatan power signifikan, namun secara spek kurang sedep… masih sohc….bagi pengejar performa sih nggak masalah, namun untuk jualan jelas denger dohc lebih mentereng.

yamaha r15 model
yamaha r15 model

Untuk 200 cc dohc tentu dirasa oleh yamaha itu merupakan final combo, ultimate arsenal, dan memerlukan langkah penataan marketing yang lebih kompleks, terutama masalah biaya dan harga, serta segmentasi nanggung. Yang paling mendekati hanyalah 150 cc dohc atau kubikasi naik alias bore up….. Dan ini yang paling murah pengembangannya.

Gimana menurut dulur sekalian??? Pilih yang mana menurut sampeyan yang paling pantas……

Bonus… Changes…. By Black Sabbath

http://www.youtube.com/watch?v=wNFHo6EffGA

Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum