Dan Terjadi Lagi, Gipsy Danger GSXR150 Ngendap 1 Bulan Lebih, Bagaimana Saat Distater?

suzuki

Yola dulur yang budiman… Pasca lebaran, kejadian motor ngendap alias tidak menyala mesinnya seperti ritual saja bagi ngademin. Si gipsy danger suzuki GSXR150 sudah dua kali ini mengalaminya. Bagaimana ketika akan distater?

Sebagai perantau yang motornya ikut merantau, apalagi nggak selalu dipakai motornya, tentu akan mengalami motor ngendap di garasi.

Dulu pernah motor ngendap selama sekitar 24 hari. Kini lebih lama lagi, yaitu sekitar 1 bulan 1 minggu. Maklum sejak awal bulan ramadhan, si gipsy tidak terpakai. Disimpen dipojokan garasi paling dalam. Entah kenapa juga malas untuk sekedar menyalakan mesin untuk dipanasi. Dan baru saat balik ke bogor, 1 minggu pasca lebaran punya kesempatan untuk memanasi mesinnya.

Padahal anjurannya, motor yang ditinggal lebih dari 2 minggu, diharap copot aki agar tidak terjadi loss setrum. Apalagi awal produksi gsxr150 ada masalah di aki yang dipakai. Ada sebagian yang dapat aki yang bermasalah. Meskipun sudah selesai dengan cara diganti gratis dengan yang baru.

Dengan sedikit penasaran, kontak keyless si gipsy ngademin pencet… Ctikk…. Lampu biru menyala. Saat diputar, semua indikator dashboard speedo menyala. 

Dan ketika tombol stater dipencet : Tek… Jreng…… Mesin langsung menyala…. Well…. Kekhawatiran aki tekor sirna… Namun goblognya ngademin…. Si gipsy danger kan sudah dipasang voltmeter. Kenapa tadi nggak dinyalain ya? Dan setelah mesin idle, saklar voltmeter di on kan, dan menunjuk angka 14,1… Well masih sehat wal andong arusnya…. 

Tapi kasus bisa berbeda-beda ya…. Lebih baik cabut aki saja… Kecuali malas 😁😁.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

gulf oil

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*