Cruthclow : Marquez membuat Rider Honda Lainnya Nampak Idiot

suzuki

Yola dulur yang budiman…. pembalap LCR Honda asal Inggris, Cal Cruthclow adalah pembalap yang blak-blakan khas rider “Britt”. Inilah yang membuat cal menjadi news maker dengan komentar-komentarnya ( bagi ngadimin, lebih menarik statmentnya daripada seorang Rossi ). Kali ini doi menanggapi aksi Marquez yang membuat rider motor honda lainnya menjadi nampak idiot.

Dilansir dari media motorsport setelah sesi free practice 4 selesai di sirkuit Catalunya kemarin, Cal mengutarakan uneg-unegnya. Terlepas dari faktor apa marquez bisa menggunakan style nya ( selamat dari carsh secara berulang-ulang dan menjadi rutinitas, dan sampai saat ini belum ada rider motogp lainnya yang bisa meniru ).

Banyak asumsi yang beredar dengan style marquez tersebut… namun sejauh ini baru sekedar asumsi karena semua serba rahasia di dunia motogp. Ada yang bilang ( semenjak tahun 2014-2015 dengan statment paling terkenal yaitu dari Bung Matteo, serta dari tulisan motomatter ) bahwa motor HRC ada yang spesial, dengan adanya data software keseimbangan yang sama dengan software ASIMO. Namun itu sebatas asumsi, karena sampai saat ini belum nampak pembongkaran motor RCV.

Asumsi lainnya, itu adalah gaya penyelamatan ciri khas marquez, yaitu menekan dengan lutut saat motor akan cras. ( entah berapa kapasitas kemampuan lutut marquez sehingga mampu menopang kekuatan gaya/force motor: berat motor X speed kuadrat). Dan herannya sampai saat ini belum ada pembalap lain yang meniru gaya lutut tersebut di motor selain motor marc marquez. Jika penyelamatan bisa melalui daya dorong lutut, tehnik ini bisa dilakukan oleh pembalap lainnya. Jadi memang masih menjadi sebuah misteri besar soal gaya penyelamatan marquez tersebut.

gulf oil

Seringnya marquez selamat ari crash sampai membuat seorang Cal berpendapat , itu membuat rider honda lain menjadi nampak idiot. hanya marquez yang bisa membuat motor honda kencang… yang lainnya tidak bisa. marquez bisa melakukan penyelamatan sebanyak 15 kali dalam seminggu, sedangkan pembalap honda lainnya banyak yang crash.

“The worst thing is that we have to deal with the situation of Marc saving them every week,” Crutchlow said after qualifying. It makes the rest of us on Hondas look like idiots. Imagine how many he’s saved this week, compared to how many times we’ve crashed. He saves 15 a weekend.”

Meskipun secara umum motor honda mendapatkan improvement dari tahun lalu, namun menurut Cal, ini tidak membuat rider honda menjadi lebih mudah. selalu lebih susah dikendarai dari motor lainnya. Salah satunya adalah sifat ” celeng ” nya….. lebih susah diajak belok, serta grip ban belakang yang kurang. Keunggulan mutlak motor RCV adalah sektor pengereman yang lebih mumpuni, dan itu diexploitasi secara penuh oleh pembalap honda…. Namun itu juga berefek ke ban depan yang akan lebih panas dan rem depan overheat.

“Our main problem is the bike doesn’t turn. And we don’t have great rear grip. But what we do have is a bike that is amazing in braking, so we just take advantage of that all the time. And then evidently we crash on the brake and we crash in the middle of the corners because we’ve braked so deep, braked so hard, we’ve overheated the front tyre.”

“We definitely have some sort of problem, because we can’t keep explaining why this is happening,” he said. “We can’t keep looking like mugs every week.”

Di akhir wawancara, Cal mengharap para insinyur meyelesaikan problem ini, dimana para pembalap honda sudah komplain hal yang sama dan terus terjadi. Cal tidak ingin nampak bodoh tiap minggunya.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

Be the first to comment

Leave a Reply