Control IMU Dorna : Pembunuh Asimo Honda?

suzuki

Yola dulur yang budiman… Cukup menarik membaca artikel tehnologi baru motogp dari motorsportmagazine. Untuk musim 2019, pihak Dorna memastikan semua team balap wajib memasang Control IMU. Part apa itu? Setelah membacanya, apakah control IMU ini sebagai pembunuh tehnologi ASIMO nya honda?

Jadi gini… Control IMU adalah perangkat elektronik sambungan dari ECU sebelum data dieksekusi oleh mesin motor itu sendiri. IMU adalah Inertia Measurment Unit. Atau IMU sendiri berfungsi untuk memberikan input kemiringan, besaran torsi ( traksi kontrol ), dan lain-lain sesuai dengan input dari sensor. Mudahnya, pengatur data dari sistem TORDUKTOR.

Dari gossip dan teori konspirasi, IMU yang kemarin-kemarin dipakai masih bisa di ” curangi ” oleh ahli elektronik team. Dengan control IMU ini, Dorna hanya menyisakan ruang 1% untuk dicurangi. Salah satu team yang paling canggih ” cheats ” IMU adalah team HRC Honda… Tentu dulur masih ingat dengan rumor tehnologi torduktornya honda yang dibuat candaan sebagai ” asimo “. Nah salah salah satu fungsi unifikasi control IMU ini adalah untuk menghapus teori konspirasi yang beredar.

gulf oil
Motogp bike

Menurut Checcinelli di sepang kemarin, unifikasi control IMU ini selain meredam isu konspirasi yang beredar juga bermanfaat bagi semua team untuk mendapatkan IMU yang lebih terjangkau. Karena IMU buatan tiap team sendiri yang menghabiskan banyak biaya, langsung disaring oleh control IMU. Jadi buat apa bikin IMU sendiri, sedangkan IMU sudah disediakan oleh Dorna?

“The new IMU won’t make any difference in performance. Even if some teams were using their IMUs for cheating it won’t make any difference, because the advantage would’ve been very, very small. Having said that, I don’t think anyone was cheating, but it’s better now because the whole point of introducing the unified IMU is that it shuts a door.”

Nah…. Jadi meskipun team yang sebelumnya pandai cheating IMU yang berisikan data-data torduktor langsung disaring oleh control IMU… Andaikata asimo ada, maka data dari asimo ini langsung disaring oleh sang control IMU. Wassalam dah bagi team yang punya alat ” cheating IMU ” sebelumnya.

Diharapkan musim 2019 nanti, rumor soal asimo dan lain sebagainya akan selesai. Jika nanti ada pembalap yang nyaris jatuh tapi secara ajaib bisa berdiri lagi, itu bukan hasil bantuan dari tehnologi torduktor lagi. Karena semua control IMU nya sama semua team.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum