Clue Mesin Next Vixion Dan R-15…..Irit Dan Performa Naik

suzuki

rendering-new-r15-v3

Yola dulur yang budiman…… rumor mesin next vixion dan R15 sudah mulai menghangat kembali. Teka-teki mesin 150 cc yamaha ini sebenarnya sudah dimulai dari akhir 2014 yang lalu. Minimal ada 3 jenis mesin yang sedang dikembangkan. Dari sekian pilihan, clue yang paling deka tangkap ada 2 faktor, irit dan performa naik.

Disaat rumor awal yamaha sedang riset mesin untuk next vixion dan R15, ada beberapa opsi seperti 150 cc dohc, 150 cc with vva, dan pembesaran kubikasi tapi tetap sohc…deka ngarepnya sih 150 cc overbore with dohc dan vva….wes ini ultimate dah… Torsi loyo khas dohc overbore dikerek pakai vva agar torsi bawah naik mengimbangi torsi atas… Torsi akan rata di semua rentang rpm…mirip dg kasus mesin avanza gen awal, begitu dikasih vvt-i, langsung “mak hnyut…” tarikan awalnya.

Dalam proses riset tersebut, deka jadi ingat ada “someone” yang japri langsung setelah deka nulis artikel tentang rumor mesin baru tersebut. Intinya, yang penting performa naik, dia tidak membahas karakter mesin, tidak membahas jenis camshaft…..performa naik, titik. Kemudian beberapa waktu lalu teman deka yang dianggap orang yamaha juga bilang mesin next vixion dan r-15 tetap ke khittah awal karakter mesin tersebut….Irit dan gampang secara maintenance.

ilustrasi mesin nl
ilustrasi mesin

Dari clue-clue tersebut, mesin next vixion dan r15 sudah mengabaikan jenis camshaft mau single atau dobel. Yang penting performa naik tapi tetap irit. Naikin performa sebenarnya ranahnya menaikkan VE, bukan profil camshaft. Efisiensi volumemetrik salah satu pokoknya ada di kompresi mesin dan kubikasi. Salah satu atau keduanya dinaikin, maka performa mesin akan naik. Untuk mempertahankan keiritannya, pengaturan klep berperan penting, contohnya vva nya NMax.

Kalok dari clue target tujuan mesin yang akan dicapai oleh para insinyur yamaha tersebut, maka kemungkinan besar, agar biaya riset mesin bisa ditekan dan efisiensi dalam produksi part maka basis mesin bisa dari pengembangan mesin NMax… Kubikasi naik 5 cc, ada pengaturan klep.

fb_img_1471352046814.jpg

Nah….dari basis mesin NMax ini, kita tahu penggerak buka tutup klepnya memakai poros tunggal, atau sohc. Jadi mesin next vixion dan R15 mengarah ke jenis sohc…. Walaupun deka tetap ngarepnya mesin ultimate sekalian…. Spek mewah, overbore dohc with variable valve…. 😀 . Jadi konsumen mah pengennya spek langsung tinggi XD .

Apakah mesin vixion dan R15 menggunakan Sohc? Ya kita pantengin sama-sama saja…. Kalok pihak yamaha sih bilang : yang penting performa naik dan tetap irit…..

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil