Cara Mudah Murah Pasang Voltmeter+USB Port Di Motor…. Berfungsi!!!

suzuki

Yola dulur yang budiman…. artikel TePOK ( The Power Of Kepepet ) kali ini akan membahas yang simple, mudah, murah, namun mempunyai efek cukup wow. Yaitu cara pasang voltmeter+USB Port di motor. Ngadimin sudah mencobanya, dan terbukti bisa berfungsi.

Dengan pemasangan voltmeter dan ports USB, selain dilihat dari kepraktian fungsinya, bisa membuat motor kita menjadi nampak lebih kekinian. Di kehidupan penuh gadget seperti sekarang, port usb charger merupakan sebuah kebutuhan. Sedangkan voltmeter untuk membntu kita mengecek kemampuan aki dalam menyimpan listrik. Maklum motor sekarang fungsi elektronik begitu dominan, maka dengan voltmeter kita bisa mengantisipasi kapan merawatan aki, atau mengganti aki sebelum mati total.

Volt meter + Port USB yang ngadimin pakai merupakan satu paket barang. Sebuah charger yang dilengkapi dengan voltmeter produk made in China. Ngadimin peroleh dari toko online yang harganya kurang dari 90 ribu rupiah. Cukup terjangkau, dan yang ngadimin suka, alat ini dilengkapi saklar, dudukan pengunci, serta kabel hanya 2 saja, min dan plus. Jadi pemasangannya begitu mudah.

  • Langkah pertama adalah memodifikasi perkabelan. Karena akan dipasang di motor, maka alat ini akan terkena panas, debu, hujan dan kotoran. Maka dari itu ngadimin lakukan pemberian seal dengan lem silicon di bagian kabel yang keluar dari bodi untuk mengurangi resiko air masuk ke dalam bodi. Langkah berikutnya memotong dudukan colokan.

  • Langkah kedua yaitu menyambung kabel plus dan minus dengan kabel tambahan, karena kabel bawaan ukurannya terbatas. Kenapa disambung? karena ngadimin pasang langsung ke aki. Cara ini adalah cara paling simple. dimana buat pemula pun bisa memasangnya. Daripada harus mencari kabel stater yang cukup rumit. Toh alat ini sudah dilengkapi sklar, jadi walaupun mesin mati, alat juga tinggal dioffkan.

  • Langkah berikutnya adalah memasang dudukan. Ya ngadimin suka dengan model seperti ini, kita tidak perlu melubangi bodi, konsol speedo, atau yang lain karena alat ini dilengkapi dudukan pengait yang bisa dipasang dimanapun. Ngadimin pasang di pangkal setang saja. Enaknya lagi dudukan pengait dilengkapi pula dengan bantalan karet, sehingga bisa fleksibel mengikuti diameter tempat dudukan. Bahkan bisa dipasang di tempat yang bentuknya tidak silinder, yang penting bantalan karet bisa terikat kuat oleh cincin klem.

  • Setelah itu tinggal pasang voltmeter ke dudukannya, sampai terdengar suara ” KLICK “

  • Langkah berikutnya tinggal memasang kabel positif dan negatif yang sudah disambung memanjang ke kutub plus dan minus aki motor. Lakukan penyembunyian kabel dibalik bodi motor biar tampilan rapih. Jangan sampai tertukar kutub (+) dan (-) penyambungannya ya…. bahaya.

Setelah itu tinggal merapikan saja, dan WOILLAA, Voltmeter dan usb charger bisa berfungsi normal. Secara tampilanpun, motor menjadi lebih keren.

Gimana? cukup mudah bukan? silahkan diterapkan ke motor anda masing-masing.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

 

 

gulf oil

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*