Cara Mudah Menjernihkan Visor Helm…Odol

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Artikel TePOK lagi ya, the power of kepepet….Salah satu masalah dalam pemakaian helm adalah visor yang mulai keruh. Peran visor yang sangat vital yaitu sebagai pengaman agar penglihatan kita tidak terganggu terhindar dari hantaman benda asing. Dengan pudarnya visor, atau adanya baret halus membuat pandangan kita terganggu. Ngadimin punya tips murah untuk menjernihkan visor helm dengan mudah….memakai odol.

Jika anda setia mengikuti blog 78deka.com sejak lama, mungkin anda masih ingat dengan tips untuk membuat kaca mika lampu agar bening kembali. Disitu juga memakai odol atau pasta gigi sebagai salah satu bahannya.

Dengan inspirasi tersebut, ngadimin terapkan di helm tua ngadimin yang sudah berumur hampir 5 tahun, helm bmc blade 200 yang visornya masih bawaan pabrik. Karena dimakan usia dan penggunaan, maka kaca visornya sudah baret dan agak keruh. Awalnya ngadimin beliin visor kw, tapi malah kualitasnya jauh dibawah visor bawaan. Akhirnya visor bawaan ngadimin poles ulang dengan cara hampir sama dengan metode di kaca lampu seperti link dibawah ini

https://78deka.com/2015/12/02/cara-jitu-membuat-bening-mika-lampu-buram/

Kenapa hampir sama, bukan sama persis? Karena di visor helm tidak perlu menggunakan compound, dikhawatirkan membuat baret yang bisa mendistorsi cahaya saat malam. Membuat bening visor lebih simple daripada kaca lampu.

 

Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Bersihkan visor helm dengan kain katun halus. Jika menggunakan air, keringkan dulu ya…..
  2. Setelah kering, oleskan odol atau pasta gigi yang warna putih, bukan gel berwarna. Untuk merk bebas, kebetulan saja ngadimin memakai odol zact. Oleskan merata ke semua permukaan visor, luar dan dalam.
  3. Biarkan sampai odol mengering, sekitar udud 1-2 batang dan ngopi.
  4. Setelah kering, lap dan gosok visor memakai lap katun bersih, contohnya kaos dalam bekas. Gosok merata sampai odol kering tak tersisa. Setelah langkah ini, visor akan lebih bening.
  5. Cuci dengan air bersih untuk membersihkan sisa-sisa odol yang menempel. Kemudian keringkan.

  1.  Kemudian poles dengan carnauba wax, atau silicon, atau memakai lemon pladge. Karena ngadimin memakai prestone carnauba wax jenis water activated, maka tidak perlu menunggu visor kering, tapi saat basah langsung dipoles dan dibersihkan kembali dengan air.

Dengan cara diatas, hasilnya cukup lumayan untuk menormalisasi visor helm yang sudah berumur nyaris 5 tahun. Silahkan lihat gambar diatas. Walaupun baret kasar tidak hilang sempurna, namun saat ngadimin coba pakai di malam hari, cahaya lampu tidak pecah bias sehingga nyaman dimata.

Jadilah helm tua ini menjadi helm harian, tidak jadi afkir. Sedangkan helm KYT R-10 buat acara-acara khusus seperti kondangan acara pabrikan. Lagian helm tua bikin maling helm ogah ngelirik kan? Salam TePOK.

NB : utk visor kualitas KW…tidak rekomedasi dg cara ini…..nggak ngefek, malah visor jd berkabut.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*