Cara Mudah Membuat Rem Metik / Skywave Pakem

suzuki

Yola dulur yang budiman….entah ini memang sudah karakter bawaan rem suzuki skywave  atau memang karena termakan usia, rem sisiwi kok terasa kurang pakem. Seingat ngadimin, semenjak menghidupkan sisiwi dari onggokan gudang dulu, remnya ya seperti itu, kurang pakem. Nah ternyata ada cara mudah untuk membuat rem skywave menjadi lebih pakem, dan ini bisa diterapkan ke metik lainnya.

Untuk mengakali kekurangpakeman rem, sempat dicoba dengan memperbesar cakram rem. Tapi karena dudukan remnya buatan sendiri, maka presisinya kurang. Rem depan terasa lebih pakem, namun terasa ada vibrasi saat mengerem karena dudukan tidak presisi. Karena khawatir dengan keselamatan ibu negara, terpaksa setelah 1 tahun pemakaian, rem jumbo tersebut ngadimin copot, kembali ke ukuran standar.

Iseng-iseng kampas rem depan ngadimin ganti dengan merk aftermarket. Dah sekalian bantu promosi, merknya Bendix. Kebetulan ada yang untuk skywave, karena kampas rem skywave sama persis dengan kampas rem smash dan satria fu. Deka tebus dengan harga 60an ribu rupiah. Hmmm…lebih mahal dari SGP yang 45an ribu rupiah. Tapi nggak apa-apa, namanya juga part aftermarket, termasuk tenar juga tuh bendix.

Kampas rem depan berwana biru langsung terinstal ke sisiwi skywave, sekalian bersih-bersih kaliper rem depan.

gulf oil

Rem belakang juga kena modifikasi. Kebetulan pula masih punya stok kampas rem belakang yang masih bentuk drum seharga 40an ribu. Modifikasinya cukup mudah, yaitu ala masukan mbah Yogie Jenggot. Biar rem belakang lebih menggigit, gunakan kampas rem yang ada garis kembangan. Jika tidak ada, bisa dibuat sendiri dengan gerinda, berdesain seperti silang tempe atau miring.

Nah cara ini ngadimin pakai, minta tolong ke bengkel agar kampas rem belakang dibuat motif seperti di gambar…. Alhamdulillah, bengkelnya mau dan gratis….temen sendiri. Setelah dibuat motif dengan gerinda, kampas rem langsung diinstal.

Setelah dicoba, hmmmm…..jauh banget bedanya dengan sebelumnya. Kinerja rem depan belakang sisiwi menjadi meningkat. Tekan “Nil” rem depan, langsung “mak hnyuutt” setang terasa menggut-manggut tanda rem depan pakem. Untuk saat ini bolehlah diakui, kampas rem bendix lebih oke, lebih pakem kinerjanya dibandingkan ori SGP. Lebih mahaaaallll… :mrgreen: , tapi nggak apa-apa terbalas dengan kinerjanya yang lebih baik.

Kemudian rem belakang dengan kampas digerinda motif garis miring juga terasa sekali menambah kepakeman. Dengan kombinasi rem sekarang, ibuk negara mengacungkan jempol untuk komponen pelambatan sisiwi. Lebih pakem dari si betty, beatnya dulu. Kombinasi rem kampas depan bendix dan kampas rem belakang digerinda motif, ngadimin nyatakan recommended.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

14 Komentar

  1. kl dimotif tahu (kata temen temen saya) dah dipraktekin dari jaman dulu. waktu motor masih pake rem drum depan belakang. bendix,elig, daytona,tdr paling rekomended yg mana ya mas deka

  2. sy pernah pakai rem bendix, hanya tahan 5000km, cakramnya pakai TZM yang jumbo, nah..trus coba pakai merk Elig, lumayan…6000km, skr nyoba pakai daitona om…

  3. Kalo saya masih suka yang standar2 aja kang, kanvas disc brake depan belakang shogun bisa pake punya old HSX 125, sama2 dari nissin, harga sedikit lebih murah dari SGP, tapi sama2 enak.

  4. Bozz,,,,rem depan gak pakem bukan karena kualitas kampas nya,,,,,juga bukan dengan mengganti cakram diameter besar, masalah selesai,,,,,pengalaman saya ‘piston +seal master rem’ yg bermasalah,,,,,klo orang spare part menyebutnya ‘cup set’,,,,,itu yang harus di ganti bozzz,,,soalnya ‘ngowoss’ seal nya

    Nah, gak cuma itu saza,,,,,seal piston kaliper pun perlu ganti,,,sekalian cek piston caliper berkarat gak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*