Cara Mencopot Dan Mengganti Busi Suzuki GSXR150

suzuki

Yola dulur yang budiman…. Ketika ngademin membuat artikel efek penggunaan busi suzuki burgman 200 di suzuki gsxr150, semua dilakukan sendiri alias DIY, aka TePOK. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mencopot dan memasang businya.

Sebelumnya, silahkan tengok dulu artikel tersebut https://78deka.com/efek-pemakaian-busi-burgman-di-suzuki-gsxr150/

Awalnya, ngademin pikir lumayan ribet, karena posisi busi suzuki gsxr150 tepat di tengah-tengah blok head, jadi harus membuka tangki bensin seperti bajaj pulsar. Namun ternyata pihak insinyur memberikan space antara bagian bawah tangki dengan cop busi. Jadi bisa dilakukan buka pasang busi lewat samping.

Yang pertama, buka terlebih dahulu fairing sebelah kanan. Saia anggap sudah tahu posisi baut-bautnya ya…..

 

Yang kedua, tarik keatas cop busi ( lingkaran kuning ) abaikan kotak kecil di kabel busi, itu adalah ferrit pasang sendiri … Lumayan panjang, jadi butuh kehati-hatian agar karet cop tidak patah atau pecah.

 

Yang ketiga, ambil kunci busi bawaan gsx150 dibawah jok belakang. Masukkan ke lubang busi sampai terasa mengunci. Setelah itu, dengan menggunakan obeng, putar berlawanan dengan arah jarum jam. Agak keras untuk pertamanya, perlu sedikit hentakan untuk memutarnya.

Yang keempat, setelah kuncian terbuka, tinggal teruskan putar menggunakan tangan memutar kunci busi. Jika sudah lepas, angkat kunci busi, dan busi otomatis terangkat karena tergigit oleh kunci.

 

Yang kelima, pasang busi baru ke kunci busi sampai terasa tergigit dan tidak lepas. Masukkan ke lubang busi, kemudian putar menggunakan tangan searah jarum jam. Setelah rapat, tinggal rapatkan lagi dengan bantuan obeng sampai dianggap kencang.

 

Setelah itu, pasang cop busi ke busi sampai rapat dan rapih. Dan yang terakhir, pasang kembali fairing suzuki gsxr150.

Untuk suzuki gsxs 150 atau bandit 150, tentu lebih mudah karena tidak ada fairingnya.

 

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Yang penting punya keberanian dan niat, serta sedikit kehati-hatian. Maka anda akan berhasil mencopot dan memasang busi baru di motor gsxr150.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum