Cara Membuka Dan Mengganti Filter Udara Suzuki GSX-R dan S150

suzuki

Yola dulur yang budiman…. filter udara adalah komponen fast moving yang harus dirawat rutin. Sebagai komponen penyaring kotoran, tentu tiap jangka waktu tertentu harus dibersihkan atau diganti jika sudah tidak mampu lagi berfungsi. Salah satunya filter udara suzuki GSXR150 dan gsxs150. Sayangnya, posisi filter udara motor ini agak sulit dijangkau, posisinya “ndlesep” di bawah jok depan. Yuk kita obrolin cara membuka, menggantinya.

Box filter udara suzuki gsx150 series posisinya memang di bawah saddle depan, memakan hampir keseluruhan ruang center body. Maklum boxnya segede gaban agar stok udara lebih besar untuk mendukung kinerja mesin ganas kubikasi 147 cc tersebut. Konsekwensinya, saat mencopot dan memasang filter udara yang butuh perawatan agak sedikit repot.

Kebetulan ngadimin ingin memasang filter udara racing buat gipsy danger yang diperoleh saat acara SBM nasional sentul kemarin. Saat pertama kali buka jok depan, ngadimin langsung keder…. Wuahhh… banyak kabel bereliweran, ada komponen-komponen elektrikal juga. Box filter hanya nampak secuil. Akhirnya ngadimin berinisiatif mengontak rekan deka yang ada di bagian tehnis SIS… Mbah Harsoyo. Setelah bertanya, diinterogasi dan dicacimaki,  :mrgreen:  :mrgreen: , akhirnya ngadimin mendapatkan petunjuk yang sangat gamblang sekali, runut apa yang harus dilakukan… maklum tutorial tehnis pabrikan.

  • Yang pertama adalah buka 2 baut jok depan yang posisinya ada di bagian belakang samping kanan-kiri jok dengan kunci L yang sesuai

 

  • Setelah jok dibuka maka anda akan melihat sebuah soket dibungkus karet hitam ( dilingkari ), copot dengan menekan kait di bagian samping depan, sambil ditarik. Jika sudah terbuka, tarik kabelnya agar ruang tutup box lebih luas.

 

  • Di sebelah kanan mepet samping bodi juga terdapat seperti box sekring yang dibungkus karet hitam ( dilingkari ). Copot dengan cara menarik bungkus karet hitam tersebut dari dudukannya. Kemudian tarik kabel yang menjuntai agar ruang buka box lebih budah.

 

  • Setelah dilepas, maka akan nampak plat besi dudukan tersebut ( dilingkari ). Plat ini ternyata dibaut di salah satu dari 4 baut pengunci tutup box filter udara. Buka dengan menggunakan obeng + sampai lepas.

 

  • Satu baut lagi posisinya tepat di depan soket yang pertama kita buka tadi ( dilingkari ). Buka dengan obeng + juga

 

  • Untuk 2 baut pengunci tutup box filter depan, ternyata posisinya tepat dibawah plat penguat frame kanan kiri yang berfungsi juga sebagai dudukan tangki belakang. Tenang saja, suzuki sudah mendesainnya dengan membuat 2 lubang untuk obeng ( dilingkari ). Oh ya…. karena posisinya agak miring, untuk menghindari baut slek, bisa sambil dipandu agar obeng tepat masuk ke dudukan baut, bisa diintip dr posisi belakang.

 

  • Jika 4 baut sudah berhasil dibuka, maka tinggal mengangkat tutup box filter udara, congkel menggunakan jari, dan tarik keatas… woillaaaaa…. filter udara akan nampak .

 

  • angkat filter udara, bersihkan dengan menyemprot dengan air pressure, atau ganti dengan yang baru

 

  • Pasang kembali Filter udara ke box filter, kemudian pasang tutup box dengan urutan terbalik cara diatas.

Gampang bukan? yang penting keberanian dan ketelitian… Prosesnya lama nggak apa-apa… namanya juga TePOK, DIY…. kita kan bukan tehnisi… iya ngga Lur?

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum