Cara Memastikan Sparepart SGP Asli

suzuki

Yola dulur, berawal dari diskusi di sebuah grup dan membaca sebuah berita tentang maraknya sparepart palsu yang beredar, mari kita bahas bagaimana memastikan sparepart SGP yang anda beli adalah asli.

Dari sebuah berita penggerebegan pabrik sparepart palsu, ternyata banyak sparepsrt suzuki yang dikemas dengan bungkus SGP. Cukup aneh, karena populasi motor suzuki masih sangat timpang dibandingkan merk honda atau yamaha. Ngademin sendiri pernah menjadi korban sparepart SGP palsu. Saat membeli kampas rem belakang suzuki Skywave dari sebuah toko online.

Dari pengalaman tersebut, ngademin ingin berbagi pengetahuan bagaimana memastikan SGP yang anda beli adalah asli. Belum 100% menjamin, namun bisa untuk bekal dulur berbelanja. Apalagi jika dulur terpaksa beli di toko sparepart atau toko online. Pemalsuan sparepart SGP sendiri mungkin disebabkan karena rumor sparepart suzuki yang mahal, sehingga bisa untuk mengeruk untuk tinggi. Meskipun sparepart motor-motor baru suzuki harganya sudah murah-murah.

Sparepart SGP sendiri sebenarnya ada beberapa variasi. Untuk motor lawas seperti satria 2 tak dan lainnya, barang masih impor, biasanya dalam kerdus warna coklat, ada label asli negara pembuatnya, serta stiker label tambahan berbahasa Indonesia. Sayangnya ini masih rentan pemalsuan. Untuk sementara kita bahas untuk motor-motor suzuki yang lebih kekinian.

SGP kemasan kardus

Pada umumnya, sparepart SGP dibungkus dengan kardus biru dengan lambang S. Untuk memastikan SGP itu asli bisa dilihat dari KARDUSNYA . Jika sudah melihat kardusnya, kita lihat label stiker suzuki genuine part. Pastikan labelnya meyakinkan, tulisannya merah tebal dengan barkode jelas, nama sparepart, tanggal produksi dan nomer seri. SGP asli semuanya jelas. Dan ada tips lagi. Penempelan label SGP yang asli menengenai sudut kardus, sehingga jika kardus dibuka, stiker label ikutan sobek…. Berfunsi juga sebagai segel. Sebagai contoh, kita lihat gambar dibawah ini… Yang kurang meyakinkan, dan yang meyakinkan sebagai SGP asli.

Untuk beberapa sparepart SGP fast moving seperti kampas rem, kini SGP dikemas seperti sachet kertas yang dilapisi dengan mika sebagai pembungkus ( BLIST ). Kalau dulu sih, semua berbentuk kardus. Dengan bungkus seperti ini, lebih memudahkan pemalsuan, dan ngademin pernah menjadi korbannya.

SGP kemasan BLIST

Untuk memastikan sparepart SGP asli, maka pihak SIM atau suzuki Indomobil motor memberikan tempelan stiker label kertas SGP di balik kemasan. Hampir sama dengan label lama, ada barcode, nomer seri, dan batch dengan tulisan yang meyakinkan, bukan print-print an. Dan dilengkapi dengan stiker hologram memanjang bertuliskan suzuki. Gambar dibawah ini bisa menjadi panduan.

Untuk sementara, itu dulu… Bagi yang lebih paham, monggo ditambahi di kolom komentar. Namun yang paling mudah mendapatkan sparepart SGP asli adalah membeli di diler atau bengkel resmi suzuki.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum

gulf oil