Cara Copot Spakbor Belakang GSX150 Series

suzuki
Gsxr150 rear view

Yola dulur yang budiman….. motor suzuki gsxr150 dan gsxs150, atau kita sebut saja gsx150 series bentuk rear hagger fender ( spakbor belakang ) sudah berbentuk slip on mode. Apa itu? ya spakbornya lapis 2. Spakbor dasar kemudian dicover lagi untuk mode wet atau basah agat lebih fungsional saat mencegah air muncrat-muncrat. Kini kita bahas cara melepas dan memasang lagi part tersebut.

Desain rear hagger fender yang di approve oleh badan pengawas lalulintas eropa memang relatif ketat. Kudu bisa masuk kriteria aman, melindungi pengendara di belakangnya dari cipratan kotoran dari ban belakang. Karena produk yang menyasar eropa juga (125 cc), mau tak mau suzuki menuruti aturan tersebut. Jadilah spakbor belakang segede gaban tersebut. Secara fungsionalitas jelas maksimal, namun secara visual jelas mengurangi estetika.

Suzuki memberikan inovasi di sektor ini dengan cara membuat spakbor belakang menjadi 2 lapis, kenapa? Ya itu tadi….untuk mengakali agar secara visual nampak estetis, namun saat dibutuhkan tetap fungsional. Karena akan mengalami copot pasang sesuai kondisi, maka spakbor dibuat menjadi slip on, agar bongkar pasang tidak terlalu susah. Dan saat apakbor besar dicopot, buritan gsx 150 series menjadi lebih seksi.

Pada dasarnya mencopot dan memasang rear hagger fender ini hanya melibatkan pembukaan baut pengikat saja, karena bentuknya slip on, bukan paten atau fix. Bongkar pasangnya cukup sederhana, modal obeng doang, jadi tidak perlu ke bengkel….DIY atau TePOK, bahasa dekanya.

Posisi baut spakbor belakang gsxr gsxs150

Kunci kemudahan dalam mencopot spakbor cover tersebut adalah mengenali posisi baut yang harus dieksekusi. Coba dulur sekalian amati gambar diatas, baut pengikat cover ke spakbor utama terdiri dari 5 baut besi ( warna chrome) dan 4 baut plastik atau push pin yang posisinya ada di tengah. Soal baut membaut seperti ini emang khas suzuki banget. Banyak baut yang terlibat di sebuah part, agak ribet saat bongkar pasang, tapi bikin sambungan kuat dan pageh ( bahasa apa itu? 😀 ).

Cara lepas bautnya cukup mudah, tinggal pakai obeng plus saja. Sedangkan melepas 4 push pin nya, ya tinggal totol (dorong) aja bagian tengahnya memakai ujung obeng. Jangan diputer pakek obeng ya…. namanya juga push (dorong) pin, mosok ya ditarik? 😀 . Jika 5 baut dan 4 pushpin berhasil dilepas, maka cover spakbor tinggal ditarik saja ke arah bawah…kelar dah….

Sedangkan cara pasangnya ya, tinggal dibalik saja urutan kerjanya dari saat pencopotan…. Semoga ini nisa menjadi panduan bagi gsx150 series owner yang ingin menseksikan buritn tunggangannya.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil