Cara Bayar Pajak Motor Via ATM, Bebas Pungli

suzuki

Yola dulur yang budiman… Membayar pajak tahunan kendaraan kita bisa jadi hal yang menjengkelkan. Selaian harus menyita waktu seharian, mengantri, datang ke samsat. Sungguh ribet untuk sekedar menunaikan kewajiban kita. Namun kini ada cara bayar pajak motor yang mudah, cepat, dan bebas pungli…. Memakai ATM.

Salah satu penyebab maraknya pungli saat membayar pajak tahunan kendaraan adalah karena kita tidak mau ribet, mengantri, dan datang langsung ke samsat. Kita harus menyediakan waktu seharian untuk sekedar bayar kewajiban : bayar pajak. Sehingga mau tak mau kita memakai jasa makelar…. Yah… Tentu ada punglinya toh….

Salah satu cara menghilangkan pungli adalah dengan menyimpelkan sistem pembayaran. Kini untuk memudahkan pembayaran pajak tahunan kendaraan atau motor sudah bisa menggunakan ATM. 

Kebetulan ngademin harus membayar ulang tahun Sisiwi suzuki skywave yang jatuh pada bulan desember. Sekalian saja mempraktekkan pembayaran pajak melalui mesin ATM. Belum semua bank menyediakan layanan pembayaran pajak melalui gerai ATM ini. Beberapa bank yang menyediakannya adalah BJB, BNI, BRI, dan BCA. Bahkan ada beberapa bank yang caranya lebih simpel, yaitu bank DKI, BNI, BTN, dan Bank Bukopin. Namun ini khusus untuk daerah jakarta saja.

Kita akan bahas cara umum yang berlaku untuk semua daerah saja. Langkah pertama adalah mengirim SMS ke esamsat dengan nomer 0811-211-9211. Tujuannya adalah mendapatkan kode pajak yang akan kita isi di anjungan ATM nanti. Format Smsnya adalah esamsat [spasi] nomer rangka kendaraan [spasi] nomer ktp sesuai di STNK.

Setelah mengirim sms maka akan mendapatkan balasan dari bapeda seperti diatas. Dan yang paling penting adalah nomer kode pajak yang tertera paling bawah.

Kemudian kita tinggal ke anjungan ATM ( ini contoh dari bank BCA ), masuk ke menu pembayaran.

Kemudian ke menuMPN atau Pajak.

Setelah itu klik pajak kendaraan.

Anda akan diminta mengisi kode propinsi kendaraan anda. Tinggal pilih saja di daftar kode provinsi, kemudian isikan kode 3 angka tersebut.

Kemudian setelah itu anda akan diminta mengisikan kode pajak yang tertera di SMS.

Jika berhasil, maka akan muncul keterangan pwmbayaran seperti di bawah ini.

Anda juga akan mendapatkan bukti pembayaran struk atm. Bukti ini sudah membuat STNK anda sah membayar pajak. Selipkan di STNK kendaraan anda. Karena struk mudah pudar, lebih baik anda fotocopy dulu, baru diselipkan ke stnk.

Jika kurang yakin, maka jika sempat anda bisa datang ke samsat untuk mendapatkan cap dengan membawa bukti struk tersebut. Namun jika anda malas… bukti struk sudah menjadi bukti sah stnk anda berlaku tanpa cap dari samsat.

Bagaimana dengan bank selain bca? Hampir sama saja cara, hanya mungkin berbeda urutan langkahnya saat di anjungan atm.

  • BJB
  • Menu utama > Bayar > Menu Lainnya > Pajak/Retribusi > Provinsi Jawa Barat > Pajak Kendaraan
    • Masukan kode pembayaran dari sms
    • Layar akan menampilkan rincian informasi terkait kendaraan dan beban pajak. Pilih OK.
    • Bisa juga tanpa sms, dengan mengganti kode pembayaran dengan format kode provinsi Jabar (32) ditambah masa berlaku pajak (tanggal, bulan, dan tahun). Contoh: 3211032017.
  • BNI
    • Masuk menu utama > Pembayaran > Pajak/Penerimaan Negara >E-Samsat
    • Input kode institusi (1502) diikuti kode SAMSAT dan kode pembayaran dari sms. Contohnya 1502323212340875176497
    • Layar akan menampilkan rincian informasi terkait kendaraan dan beban pajak. Pilih OK.
    • Bisa juga tanpa sms, dengan mengganti kode pembayaran dengan format kode institusi (1502) diikuti kode provinsi ditambah masa berlaku pajak (tanggal, bulan, dan tahun). Contoh: 15023211032017.
  • BRI
    • Masuk menu utama > Pembayaran > Pajak > Lainnya > Lainnya > E-Samsat
    • Input kode 30004 (kode institusi Jawa Barat)
    • Masukan kode pembayaran dari sms.
    • Layar akan menampilkan rincian informasi terkait kendaraan dan beban pajak. Pilih OK.
    • Bisa juga tanpa sms, dengan mengganti kode pembayaran dengan format k kode provinsi Jabar (32) ditambah masa berlaku pajak (tanggal, bulan, dan tahun). Contoh: 3211032017.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*