Bukti Ilmiah Helm Mengurangi Resiko Cidera

suzuki

Yola dulur yqng budiman…. Bicara tentang gear set khususnya helm, kadang ngadimin itu dibikin dongkol oleh mantemans…. “Halah…kalau takdirnya mati, pakai helm juga koit…tuh banyak kecelakaan pakai helm orangnya mati”. Atau ” cuma deket keneh, ngapain pakai helm”. Padahal secara penelitian ilmiah, helm terbukti mengurangi resiko cidera saat kecelakaan.

Ngga cuma di sini, di luar negeri sono juga terdapat pro kontra tentang helm. Ada yang menduga bahwa helm itu banyak penelitian placebo untuk kepentingan bisnis. Ada juga yang mengatakan bahwa justru helm itu meningkatkan cidera leher saat kecelakaan, karena kepala mendapatkan beban tambahan dari helm.

Yang menjadi subyek penelitian adalah resiko cidera kepala dan leher. Jadi kalau soal cidera di bagian tubuh lain, itu sudah bukan ranahnya fungsi helm. Misalkan anda pakai sandal jepit, kecelakaan, kemudian jari kaki cidera, atau bagian tangan cidera, bagian badan cidera…..itu soal lain.

gulf oil

Penelitian yang dibuat oleh universitas Wisconsin menyatakan bahwa penggunaan helm mengurasi resiko cidera, kepala sudah tentu, dan cidera tulang belakang di sekitar leher. Penelitian dilakukan dengan menganalisa 1061 kecelakaan yang melibatkan sepeda motor antara tahun 2010 sampai dengan 2015.

Hasilnya, dari kecekaan tersebut ditemukan 323 kejadian menggunakan helm, dan sisanya, 738 tidak mengenakan helm. 7,4 % kecelakaan yang melibatkan pengendara berhelm mengalami cidera tulang leher. Sedangkan kecelakaan yang melibatkan pengendara tidak berhelm ternyata dua kali lipat mengalami cidera leher, yaitu 15,4 %.

Ini menandakan bahwa helm memang mengurangi resiko cidera di daerah kepala dan leher. Jadi gunakan helm saat berkendara motor ya Lur…meskipun hanya riding 1 km. Karena idiot selalu ada di jalan manapun.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum