Bicara Kapasitas Produksi, CBR150 Lokal (K45) Enteng Menghadapi R15

yzf-r15
suzuki

Yola dulur….Yamaha R15 secara tak terbantahkan memang mempunyai gebrakan fenomenal. Begitu perilisan, indener memanjang bak ular tangga 😀 , di media ramai memperlihatkan spanduk besar dari diler yang minta maaf stok R15 habis.

yzf-r15
yzf-r15

Di kolom-kolom komentar juga banyak kegalauan pemirsa yang menunggu R15 hasil bookingan indennya yang belum muncul-muncul.  kalau dilihat secara sepintas melalui media internet, R15 mempunya prospek cerah untuk penjualannya. Potensial buyer masih banyak yang belum terlayani, bagaikan pundi-pundi tabungan yang siap dinikmati.

Sepertinya menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi petinggi Yamaha di marih, ya….. jika R15 berdiri sendiri tanpa kompetitor. Namun dilain sisi AHM dengan proyek K45 atau CBR 150 lokalnya adalah realita yang siap membuyarkan pundi-pundi tabungan tersebut. Dari rumor terkini, AHM bakalan mempersenjatai K45 ini dengan mesin yang disetting lebih powerfull dari model CBU-nya yang produksi Thai. Bahkan sudah di hitung-hitung oleh blogger motogokil (disini) topspeed bisa mencapai 164 km/jam di rpm 11.000, sedangkan redline di angka 11.500 rpm ( pemilik CBR150 CBU silakan guling-guling 😀 ). Dengan spesifikasi seperti ini apa nggak bikin para calon pembeli sport 150 cc silau??

k45 courtesy by bro joe motoblast
k45 courtesy by bro joe motoblast
Itu baru dari segi spek perbandingan performa motor, belum menyentuh soal kapasitas produksi. Hal ini juga ada pengaruhnya bagi calon pembeli, jika kapasitas produksinya kecil bisa jadi masalah buat calon pembeli karena perlu inden yang lama buat R15. Bicara kapasitas produksi R15, menarik dibahas komentar dari pengunjung warung ini yaitu fby tulen dibawah ini
fby tulen

Masuk akal mas….

gulf oil

Tp sebenernya yimm produksi 2pk ini gila2an lho mas….

Setahun 150.000 pcs yg akan disebar ke thailand,malay,vietnam,kamboja,kolombia,jepang,dan indonesia sendiri…..

Dan ϑ¡ indo hanya kebagian 50.000 pcs.

Itu udah trmasuk bnyak lho mas….

Blm lg MX,NVL yg udah duluan export….

Pokoknya gila2an dah mas,line produksi ϑ¡ YIMM

Hehehehehe

Nah jika rumor ini benar maka kemampuan YIMM untuk menyediakan R15 untuk pembelinya sebesar 50.000 unit/ tahun, berarti sekitar 4000 unit sebulan. Jika ternyata R15 menjadi produk penglaris seperti kasus NVL yang diatas 30.000 unit sebulan, atau separuhnya saja yaitu 15.000 unit/bulan. Apa nggak nangis tuh calon pembeli kudu inden sekitar 3 bulan.

marketing-simbol

Di lain sisi, siapa yang nggak kenal dengan kekuatan produksi AHM, bahkan sekarang lagi menambah plant-nya khusus produksi motor sport. bisa-bisa (andai kata) untuk memproduksi K45 sebesar 40.000 unit/bulan aja eces tuh pabrik. Otomatis ketersediaan K45 atau CBR 150 lokal bakal terjamin, ibarat kata sekarang pesen besok datang….opo ora maknyus kui?? Yah daripada nunggu 3 bulan, belum dengan kasus-kasus kriminalisasi harga yang marak terjadi, apa bukan sebuah godaan yang maha berat tuh K45. Apalagi jika hitungan bro motogokil bener……lebih powerfull, tanpa inden, diler sama-sama luas jaringannya, harga mirip….

Monggo jika punya opini lain….mohon dishare….

Bonus…. Pink floyd….. Us And Them

 

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum