Beberapa Motor Tonggak Kebangkitan Suzuki, Burgman Salah Satunya

suzuki
Kopi suzuki
Kopi suzuki

Yola dulur yang budiman…..sebenarnya interview MCN dengan presdir suzuki, Toshihiro Suzuki yang deka jadikan artikel beberapa waktu yang lalu belumlah selesai. Kala itu hanya membahas turbo sebagai step berikutnya dari strategi suzuki global. Kini akan dilanjutkan dengan bahasan beberapa motor yang dijadikan suzuki sebagai tonggak kebangkitan.

Misteri kenapa suzuki seperti mati suri di beberapa waktu yang lampau sedikit terkuak setelah membaca interview media motor termashur se Inggris ini. Ternyata nggembosnya inovasi serta marketing suzuki tidak hanya terjadi di Indonesia, termasuk juga eropa.

Semenjak krisis ekonomi 2008, suzuki global, khususnya divisi bike susah move on. Ngedropnya penjualan di area asia mempengaruhi juga suzuki global, termasuk eropa khususnya soal line up produksinya. Suzuki hanya bisa bertahan di segmen bigbike, itupun hanya mengandalkan motor lama, tehnologi lama, hanya facelift motor saja. Riset motor baru seperti kerja berat karena tersunatnya anggaran, sehingga riset motor-motor baru berjalan lambat.

fb_img_1470474623064-1024x768.jpg

Kini, menjelang tahun 2017, suzuki mencanangkan kebangkitan baru, yang sudah direncanakan semenjak 2 tahun yang lalu. Di kebangkitan ini, suzuki memulai dan menjadikan beberapa motor sebagai line up andalan sebagai basis utama. Motor-motor tersebut adalah GSX-R, GSX-S, Vstrom, Burgman. Dimulai dari klan GSXR, dari mulai kelas tertingginya, 1000, 700, dan yang entry level, 125 dan 150 cc, motor sport suzuki ini akqn dicanangkan sebagai motor yang punya core khas suzuki. Motor yang menyenangkan : larinya, menikungnya, Stop n go nya, serta dibungkus oleh kekuatan khas suzuki.

gulf oil

Now, starting with theGSX-R models, our focus is on the fun of motorcycles – run, turn and stop – which we believe is a strength of Suzuki. From now on we will build on this strength and always pursue the fun side of motorcycles.

 

vstrom250ecHal ini sudah mulai kelihatan di klan gixxer. Dari GSX-R 1000 yang audah dibekali dengan mesin, fitur tehnologi baru yang diambil dari tehnologi yang dicangkokkan di motor motogp mereka gsxrr. Begitupun dengan kelas small bike, klan gixxer merambah dengan kelas 125 dan 150. Suatu hal yang baru bagi suzuki.

We have built innovative bikes such as the Gamma, Katana and Hayabusa in the past and in the future we will develop a few bikes that do not sit in a series and are very unique. That is our uniqueness so please wait and expect something innovative from us soon, our engineers are full of ideas and the success of the MotoGP project has allowed us to rediscover their capabilities and built their confidence.

Inovasi akan menjadi tagline mereka kembali, motor-motor dengan parameter unik khas suzuki seperti Gamma, Katana, Hayabusa akan menjadi ruh beberapa motor baru suzuki diluar seri yang ada untuk kedepannya.

Terus apa efeknya bagi konsumen dimarih? Dengan line up yang akan menjadi basis kebangkitan suzuki, maka kita kemungkinan besar akan mendapatkan jatah motor-motor seri Vstrom dimana ada v-strom 250, serta metik gambot Burgman. Tentu selain seri global gsxr dan gsxs kelas entry level.

burgman 200
burgman 200

Jadi kerinduan fans suzuki untuk merasakan motor global series namun dengan kubikasi kecil sepertinya akan menjadi kenyataan kedepan. Namun itu juga tergantung keberanian suzuki indonesia sebagai pemangku keputusan regional. Namun jika presdirnya sudah membuka plan global mosok kita ndak ikutan, ya to ya????

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum