Beberapa Mindset Keren Yang Perlu Dirubah

suzuki

Yola dulur…..Setiap pengendara motor atau biker khususnya dikalangan anak muda pasti akan senang jika dianggap keren.

keren

Apalagi yang memang mencari sensasi agar dianggap keren oleh orang lain, sehingga melakukan berbagai macam kelakuan agar memperoleh sebuah anggapan (semu) dari pihak lain,… keren….Dari merubah motor standar menjadi full modif sampai kelakuan attitude berkendara di jalan agar dianggap keren. Dari perbuatannya tersebut kadang tidak memperhatikan efek negatif, merugikan terhadap orang lain di jalan maupun lingkungan.

Kalau melarang sebuah kelakuan, khususnya remaja dalam aktivitasnya mencari status diri keren tersebut jelas susah, karena kelakuan tersebut sangat menyenangkan. Cara yang lebih efektif dan berkesan tidak melarang-larang adalah dengan cara merubah MINDSET tentang keren tersebut. Keren adalah anggapan dari pihak lain terhadap diri kita, pihak lain tersebut adalah pihak yang kita anggap dekat, kita yakini kebenarannya. Siapa? ya kalau nggak lingkungan pergaulan terdekatnya, masyarakat, dan idola atau tokoh panutan.

Misalkan kalau kita mengidolakan Valentino Rossi, maka jika motor kita jika ada kesamaan dengan tunggangan Rossi maka kita akan merasa keren, walaupun kesamaannya cuma seikit, sekedar warna sama atau merk yang sama, bahkan sekedar stiker bertulis the doctor, vr46 saja sudah meras keren 😀 . Kelakuan pun akan meniru tokoh panutan tersebut, baik dari cara berpakaian maupun gaya ridingnya, meskipun sekali lagi baru secuil kesamaannya, tapi tetep saja merasa keren.

Nah… berikut ini ada beberapa mindset keren yang perlu dirubah oleh seorang biker, yang dianggap keren oleh dirinya, padahal menurut orang lain atau pihak yang lain justru sangat menyebalkan.

pantat miring
pantat miring
  • Berkendara dijalan umum dengan gaya ala pembalap roadrace. Kalau kita melihat balapan roadrace maka kita akan sering melihat pembalap riding dengan posisi asimetri, bisa menceng ke kiri atau ke kanan dengan tujuan melawan gaya g force atau sentrifugal. Nah ini ditiru mentah-mentah oleh biker di jalan umum, padahal jalan nggak nikung ndak apa, satu nggak safety karena keseimbangan terganggu, kedua mirip biker yang kena ambeyen atau minimal bisulan di pantat, lukanya nggak tertekan maka pantatnya cuma sebelah yang nempel di jok. 😀

nyalip dari dalam

  • Menyalip dengan cara memotong di tikungan atau dari sebelah kiri dalamdi jalan umum. Kalau dilakukan saat balapan di sirkuit sih keren… namun jika dilakukan di jalan umum…. wew… bisa merugikan pihak lain, bukannya anggapan keren namun umpatan dari biker lain.

 

  • Pasang knalpot freeflow bising. Nah ini sangat dekat dengan kita, saat melihat motor balap nan keren memakai knalpot freeflow, kita akan ikutan memasang di motor kita. Kita jai lupa bahwa knalpot freeflowitu yang diambil adalah faktor fungsinya agar power tidak tertahan saat fase buang gas, dengan resiko suara yang bising, makanya dipakai hanya khusus di sirkuit. Saat dipakai di jalan umum wajib mengikuti aturan kebisingan dengan memasang db-killer. Tapi realitanya semakin blar-blar semakin dianggap keren… padahal bikin emosi warga karena sangat mengganggu… nggak percaya silakan bleyer-bleyer motor dengan knalpot di lingkungan perumahan warga, kalau enggak makian ya siap ada barang seperti sandal, batu, tongkat kayu melayang 😀 .
  • Berkendara dengan gearset seadanya. Ya kadang anak muda tidak memikirkan gearset sebagai sarana keselamatan berkendara. Mereka menganggap naik motor dengan kaos oblong, celana pendek, sendal jepit, nggak pakai helm naik motor seenak udelnya sendiri di jalan dianggap keren… kalau ane sih bilang bloody idiot….begaya konyol…
(ilustrasi cabe2an)
(ilustrasi cabe2an)
  • Naik motor protholan dengan ban cacing. Inspirasi gaya ini sebenarnya dari motor yang diperuntukkan untuk balap drag. Dimana motor hanya di pakai di sirkuit lurus pendek sepanjang 200 atau 400 m. Kalau di pakai dijalan umum sangat tidak direkomendasikan karena sangat berbahaya. Lagian secara estetika lebih enak ilihat motor utuh dari pada protholan. Kalau emang lebih keren protholan, ngapain pabrikan pusing-pusing bikin bodi motor, mending ngejual aja motor protholan… kan keren….

Nah… ini adalah beberapa saja kelakuan yang dianggap keren, padahal di mata orang lain malah sebaliknya. Jika ada yang mau menambahkan silahkan dishare saja.

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum

gulf oil