Bebek Never Die……

supra-x-125-fi- by otonity
suzuki
supra-x-125-fi- by otonity
supra-x-125-fi- by otonity

Yola dulur…..alam permotoran memang berputar begitu cepat, yang dulunya adalah kelas mainstream sekarang menjadi tersisihkan. Kali ini deka akan ngajak diskusi tentang nasib kelas motor yang boleh dibilang klasik, kelas moped atau bebek. Motor yang sangat mashur dijamannya dulu, motor yang sangat digemari oleh masyarakat, motor yang punya andil besar dalam perputaran ekonomi negeri ini. Motor yang sangat disukai oleh pabrikan juga karena secara infrastruktur produksi sudah sangat mapan sekali sehingga bisa menekan cost produksi serendah mungkin dan menghasilkan keuntungan “maxi”.

si piter
si piter

Deka masih punya keyakinan bahwa sebenarnya kelas bebek adalah produk yang sangat disayangi oleh AHM, dimana dulu Honda sangat berjaya di kelas ini dengan Supra series. Sayangnya MIO merusak segala kemapanan pasar yang sudah diraih oleh Honda dengan bebek-bebek AHM-nya. Metik yang awalnya hanya untuk tujuan motor gaya hidup orang perkotaan sekarang sudah bergeser menjadi motor fungsionalitas. Fungsi yang dulu dipikul oleh bebek, namun karena metik memberikan kepraktisan  dan kemudahan akhirnya menggeser eksistensi bebek.

tvs neo x3i
tvs neo x3i

Padahal kalau secara Durability atau daya tahan bebek masih jauh diatas metik. Begitu juga soal kemanan, bebek masih beberapa tingkat diatas metik. Apalagi dengan medan jalan seperti di negeri ini yang banyak lubang jebakan betmen. Apalagi bicara jalan di pedesaan, perkampungan, daerah-daerah diluar perkotaan. Di daerah-daerah situ bebek masih berbicara banyak dibanding metik. Bahkan soal kenyamanan sendiri bebek sebenarnya masih lebih unggul dibanding metik, ini ane buktikan sendiri saat bini ane boncengin pake metik atau bebek, ternyata bilang lebih enak kalau dibonceng pakai bebek.

axelo
axelo

Dan jangan kesampingkan dunia ojeg….. sarana transportasi yang luwes baik di perkotaan maupun pedesaan. Amati saja motornya paling dominan adalah kelas bebek. Ya…karena bebek memberikan kombinasi fungsionalitas, kepraktisan, durabilitas, kenyamanan, efisiensi yang begitu komplek dan unik. Ane masih yakin motor bebek akan selalu eksis dalam waktu yang masih lama, meskipun tidak akan se-mainstream dulu. Masih ada segmen pasar yang sangat membutuhkan bebek…. Apalagi bebek yang sudah hybrid….. dibahas di artikel berikutnya saja ya…….

Semoga bermanfaat

Wassalamualaikum